5 Hal Mengenai Test Pack Kehamilan yang harus Anda Tahu

Ketika seorang wanita telat datang bulan maka asumsi pertama kali adalah apakah hamil? Untuk mengetahui hamil atau tidak, biasanya sebelum pergi ke dokter akan menggunakan test pack kehamilan terlebih dahulu. Sebuah alat untuk mengecek kehamilan yang lazim digunakan oleh banyak wanita.

Terkadang penggunakan test pack membuat sebagian wanita bingung, terutama bagi wanita yang belum pernah menggunakan sama sekali. Berbagai pertanyaan muncul soal test pack, mulai dari cara menggunakan, kapan waktu yang baik, hingga bagaimana membaca hasilnya.

Baiklah, disini saya akan memberikan penjelasan mengenai 5 hal tentang test pack kehamilan. Sebelumnya saya juga pernah bingung seperti anda saat pertama kali membeli test pack. Test pack yang saya gunakan saat itu adalah Test Pack Onemed dan Test Pack Sensitif yang saya beli di Apotik..

1. Pakai Test Pack Murah atau Mahal

Banyak sekali jenis test pack yang dijual di apotik dan minimarket, dan tentunya dijual dengan harga yang berbeda-beda. Ada yang murah ada juga yang mahal, lantas kita harus pakai yang mana?

Setiap test pack tentu memiliki kelebihan masing-masing, biasanya yang harganya mahal lebih memiliki kelebihan daripada yang yang murah. Kelebihan nya terletak pada keakuratan hasil test dalam membaca hormon hCG melalui air urine, sehingga test pack mahal mengklaim memberikan hasil yang lebih akurat.

Anda bisa menggunakan test pack yang murah, jika anda hamil maka tetap saja hasilnya akan hamil. Ketika hasilnya negatif dan anda masih belum datang bulan, anda bisa cek kembali menggunakan test pack di 2-3 hari berikutnya atau bisa cek langsung ke dokter kandungan.

2. Waktu yang Tepat Menggunakan Test Pack

Disetiap kemasan test pack yang anda beli biasanya tercantum waktu yang tepat untuk menggunakannya. Waktu yang disarankan biasanya pada pagi hari disaat bangun dari tidur. Alasannya karena Urine saat bangun tidur dipagi hari lebih terkonsentrasi sehingga hormon hCG dapat mudah terbaca.

3. Hasil Positif yang Palsu

Klaim disetiap test pack akan memberikan hasil 99%, artinya masih ada 1% ketidakakuratan. Nah, terkadang juga bisa saja terjadi ketika hasil dari test pack menunjukan positif tapi ternyata palsu alias tidak hamil. Maka dari itu, sangat di anjurkan ketika selesai test pack di pastikan lagi melalui uji dokter.

4. Hasil Negatif yang Palsu

Sama hal nya dengan poin diatas, test pack juga dapat memberikan hasil negatif yang salah. Hal ini terjadi ketika hormon hCG dalam urine tidak memenuhi. Anda bisa cek ulang menggunakan test pack di hari selanjutnya. Saya pun pernah kok, pakai test pack onemed ternyata hasilnya negatif tapi setelah test besok hari nya hasilnya positif.

5. Test Pack Kedaluwarsa

Test pack juga memiliki kadaluarsa seperti alat kontrasepsi, karena didalam setiap test pack terdapat bahan kimia yang bekerja untuk mendeteksi kadar hCG dalam urine. Ketika kadaluarsa maka tidak lagi bekerja secara efektif sehingga memberikan hasil yang salah.  Oleh karenanya, Anda memang sedang berusaha untuk hamil dan menyimpang banyak test pack di rumah, sebaiknya perhatikan tanggal kedaluwarsanya.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*