Bayiku 8 Bulan Sudah Bisa Duduk Sendiri

bayi 8 bulan bisa duduk
bayi 8 bulan bisa duduk

Mengamati perkembangan si kecil dari hari ke hari memang sesuatu yang sangat membahagiakan, terutama bagi kita yang bisa mendampingi pertumbuhannya setiap hari. Diusia  ini mungkin bayi anda sudah mulai aktif bergerak bahkan sudah bisa mengeluarkan suara atau kata-kata yang sangat membuat kita gemas sekalipun itu tidak kita mengerti.

Pertumbuhan setiap bayi mungkin berbeda-beda, seperti diusia 8 bulan ini ada bayi yang sudah bisa merangkak ada juga yang tidak melewati masa ini (tidak merangkak) tapi diganti dengan ngesot menggunakan bokongnya, atau dari masa guling-guling langsung bisa jalan. Ada yang sudah bisa duduk dll.

Jadi bunda tidak perlu khawatir, karena mereka akan melewati masanya jika sudah dirasa mampu. Tapi tidak ada salahnya jika bunda mengajarkan pada bayi anda untuk melatih motoriknya.

Bisa juga sesering mungkin membawa sikecil jalan-jalan disekitar lingkungan sehingga dia bisa menemukan sesuatu yang baru, dan bisa menghirup udara segar.

Diusia 8 bulan Fania anak saya sudah bisa duduk sendiri, padahal belum bisa merangkak jadi tidak lama dari dia bisa duduk barulah dia merangkak. Selain itu dia juga mulai cerewet dengan mengeluarkan suara-suara meskipun kita tidak tau artinya, pokoknya sudah bisa diajak bermain dan berinteraksi. Barulah setelah merangkak dia akan mulai belajar berdiri dengan berpegangan pada benda-benda disekelilingnya.

Fania memang tipe anak yang tidak betah dirumah jadi setelah bangun tidur harus diajak jalan-jalan terlebih dahulu, dan disaat itulah repot-repotnya seorang ibu yang beres-beres, masak dll. Alhamdulillah suami saya kebetulan sehari-hari bisa standby di rumah, jadi ketika saya tidak sempat mengajak fania beliau bisa menggantikan (momong fania 😉 )

Dari beberapa informasi dan artikel yang saya baca, bayi usia 8 bulan pada umumnya sudah bisa melakukan berbagai hal seperti berikut ini :

  1. Duduk sendiri tanpa bantuan
  2. Merangkak mendekati sesuatu
  3. Melempar benda
  4. Bisa makan kue sendiri
  5. Bermain cilukba, tepuk tangan
  6. Mengambil benda dengan kedua tangannya, masing-masing memegang 1 benda
  7. Mengeluarkan suara-suara meskipun kita tidak tau artinya
  8. Mengambil mainan kemudian dijatuhkan lagi hingga berulang-ulang

 

Untuk perkembangan sosial dan emosional, si kecil mungkin sudah bisa membedakan mana ayah ibunya mana orang lain, sehingga dia merasa malu, tidak nyaman bahkan menangis ketika didekati atau digendong dengan orang yang tidak dikenalnya.

Selanjutnya dalam kemampuan bahasa dan bicaranya, si kecil mungkin sudah cerewet yaitu mengeluarkan kata-kata yang mungkin tidak kita mengerti. Seperti anak saya ketika sudah bisa mengucapakan satu kata maka dia akan menyebut beberapa benda dengan sebutan yang sama.

Dengan pertumbuhan si kecil yang mulai aktif,  bunda agar selalu hati-hati ketika membiarkan si kecil menjelajahi seluruh ruangan didalam rumah. Periksalah kembali apakah ada benda-benda yang membahayakannya, atau batasi ruangan yang sekiranya tidak aman bagi anak seperti kamar mandi dan dapur.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*