Apakah Bayi Baru Lahir Minum ASI Tiap 2 Jam Sekali?

Ibu Menyusui
Ibu Menyusui

Setelah menjalani proses kehamilan dan persalinan yang cukup panjang, perjuangan para bunda tidak berhenti sampai disitu, justru dengan lahirnya seorang bayi saat itulah perjuangan baru dimulai. Para bunda akan melanjutkan perjuangan untuk merawat bayinya agar bisa tumbuh kembang dengan baik dan sehat.

Salah satu hal utama yang sangat penting bagi kehidupan bayi baru lahir yaitu makanan pertama yang harus dikonsumsinya, apalagi kalau bukan ASI. Dibandingkan dengan susu formula khusus bayi, pemberian ASI eksklusif sangat besar sekali manfaatnya yaitu mengandung nutrisi paling sempurna karena komposisi zat-zat gizinya lengkap dan seimbang, juga mengandung zat kekebalan yang membantu meningkatkan daya tahan tubuhnya.

Nah saya juga termasuk bunda baru nih, dikelahiran anak pertama ini saya berusaha untuk memberikan ASI eksklusif untuk si dedek Fania. Dalam pemberian ASI ini juga pastinya saya sudah belajar dari awal, bagaimana mengenali tanda-tanda bayi lapar, posisi menyusu yang benar dan masih banyak lagi pokoknya seputar pemberian ASI untuk bayi baru lahir termasuk frekuensi bayi dalam menyusu.

Karena katanya jarak bayi dalam menyusu jangan lewat dari 2-3 jam, apakah benar?

Dari berbagai sumber yang saya dapatkan, bayi memang akan menyusu 8-12 kali dalam sehari semalam. Jadi kalau dihitung rata-rata jarak waktu bayi menyusu kurang lebih 2-3 jam. Tapi para bunda jangan terpaku untuk selalu menghitung jeda si dedek bayi dalam menyusu. Coba perhatikan apabila sidedek bayi sudah menunjukan tanda-tanda lapar sebelum jeda waktu 2 jam segeralah susui dia.

Umumnya bayi akan menunjukkan tanda-tanda bahwa dirinya sudah mulai lapar seperti : apabila dia tertidur dia akan segera terbangun, tangan mengepal, mengeluarkan suara-suara pelan, tangan mulai membuka dan menutup, mengeluarkan lidah, menoleh kekanan dan kekiri, memasukan tangan ke mulut, dan senjata yang paling akhir adalah menangis.

Jika sidedek bayi tidur terlalu lama coba bunda berusaha untuk membangunkannya, letakkan puting bunda kebibir dedek bayi, dia akan mencium apabila dia lapar maka dia akan segera menyusu.

 

 


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*