Apakah Ibu Hamil Perlu Minum Susu Khusus Hamil?

ibu hamil minum susu

Untuk menjadi seorang ibu, maka seorang wanita harus melewati sebuah proses kehamilan yaitu mengandung calon bayi didalam rahim. 

Mendengar kata “hamil” sangat menyenangkan bagi keluarga baru sedangkan bagi keluarga yang telah memiliki lebih dari 3 anak mungkin menjadi sesuatu hal yang biasa tapi walau begitu biasanya ketika lahir juga akan memberikan kebahagaiaan.

Saat wanita sedang hamil, itu berarti memiliki tanggung jawab untuk menjaga kesehatan sehingga bayi yang dikandung dapat berkembang dengan baik dan juga dilahirkan dalam kondisi yang normal tanpa kekurangan sesuatu apapun.

Maka dari itu, hal yang menjadi perhatian khusus bagi ibu hamil dan suaminya yaitu memenuhi kebutuhan gizi seperti kalori, protein, vitamin, asam folat, zat besi, kalsium, dan sebagainya.

Gizi yang cukup dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan janin selama dalam kandungan. Ingat !! masa kehamilan adalah masa emas untuk bayi anda, termasuk kecerdasan otak anak dibentuk selama dalam kandungan.

Susu merupakan salah satu sumber gizi yang sangat baik bagi ibu hamil, gizi yang terkandung dalam 1 gelas susu akan membantu mencukupi kebutuhan gizi untuk ibu hamil dan bayi yang ada dalam kandungan.

Susu yang disarankan untuk diminum adalah susu khusus untuk ibu hamil. Karena telah diformula khusus dengan gizi yang imbang untuk memenuhi kebutuhan gizi selama hamil terutama bagi pertumbuhan dan perkembangan si kecil.

1. Manfaat Susu Bagi Ibu Hamil dan Janin

Harga susu ibu hamil memang cukup dibilang mahal harganya, karena memang sebanding dengan gizi yang dikandungnya. Bukan hanya sebagai pelengkap saja, tapi juga sangat berperan penting untuk menyediakan gizi penting yang diperlukan janin.

Sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk minum susu 2 kali dalam satu hari, karena kita tidak tahu apakah gizi yang kita konsumsi itu cukup, apalagi ketika mengalami masalah mual-muntah. Disamping makan dengan minum susu maka kebutuhan gizi akan lebih terjamin.

Berdasarkan sebuah penelitian ternyata manfaat susu juga dapat berdampak bagi bayi ketika sudah tumbuh dewasa kelak yaitu terhadap kesehatan otak, tulang, mata dan gigi hingga resiko diabetes yang lebih kecil.

2. Apakah Ibu Hamil Perlu Minum Susu Khusus Hamil?

Sesuai dengan pembahasan kita kali ini.

Kalau saya pribadi, mengharuskan untuk minum susu ibu hamil paling tidak 2x dalam sehari, saya khawatir kebutuhan gizi untuk janin kurang terpenuhi. Tentunya jika mampu untuk membelinya karena memang harga susu ibu hamil cukup dibilang mahal.

Tapi kalau memang merasa cukup dengan gizi yang dikandung dari setiap makanan yang kita makan maka tidak minum susu juga tidak apa-apa. Tapi, bagi saya minum susu ibu hamil itu penting..

3. Konsultasikan dulu dengan Dokter Kandungan

Tentu kita tidak ingin terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan terhadap bayi yang kita kandung. Maka dianjurkan untuk selalu mengkontrol kesehatan kehamilan langsung ke dokter kandungan paling tidak 1 kali dalam 2 bulan.

Biaya kontrol ke dokter kandungan yaitu sebesar Rp100.000/satu kali kontrol, belum termasuk obat. Itu artinya ketika kita kontrol 1 kali dalam 2 bulan maka kita hanya kontrol 4 kali selama masa kehamilan.

Kontrol ke dokter kandungan lebih menyenangkan dan lebih lengkap untuk melihat kondisi kesehatan janin dan ibu hamil. Tapi, kalau memang tidak mampu maka bisa kontrol ke bidan, tapi kalau boleh saya sarankan tetap harus ada kontrol ke dokter kandungan boleh diusia 5 bulan jadi sekaligus lihat jenis kelamin bayi anda.

Pada saat kontrol ke dokter kandungan, anda juga bisa tanyakan apakah boleh minum susu ibu hamil dengan kondisi kesehatan anda saat ini. Biasanya dokter akan memperbolehkannya melihat manfaat dari kandungan susu tersebut, dokter juga akan memberikan suplemen makanan tambahan seperti Folavit atau promavit.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*