Menyembelih Kambing untuk Aqiqah Kelahiran Anak

menyembelih kambing untuk aqiqah anak
menyembelih kambing untuk aqiqah anak

Kehadiran seorang anak ditengah-tengah keluarga menjadi sebuah anugrah dan kebahagiaan yang luar biasa, apalagi kelahiran anak pertama yang telah ditunggu-tunggu.

Saat ini saya telah memiliki 2 orang anak, anak pertama perempuan dan anak kedua laki-laki. Alhamdulillah, keduanya lahir dengan cara melahirkan normal dan dalam keadaan sehat.

Anak pertama seorang perempuan yang lahir di Tulang Bawang Barat pada bulan Juli 2017 (syawal) sedangkan anak kedua seorang laki-laki yang lahir di Kota Bandar Lampung pada bulan Mei 2019 (ramadhan).

  • Anak pertama saya berinama “Adwa Rafania” merupakan sebuah nama islami khusus untuk bayi perempuan yang memiliki arti Cahaya Kebahagiaan.
  • Anak Kedua saya berinama “Ayyubi Ayaz: yang memiliki arti Ayyubi diambil dari nama pahlawan islam, sedangkah Ayaz diambil dari bahasa Persia yang memiliki arti Bijaksana.

Saat memberikan nama pada bayi, kita disunnahkan untuk menyembelih kambing untuk Aqiqah kelahiran bayi, dengan ketentuan bahwa bayi perempuan menyembelih 1 ekor kambing dan bayi laki-laki menyembelih 2 ekor kambing.

Anak pertama yang saya lahirkan adalah bayi perempuan yang kemudian kami melaksanakan aqiqah dengan menyembeli 1 ekor kambing pada hari ke-7 setelah tanggal kelahiran dan Anak kedua saya adalah bayi laki-laki sehingga kami memotong 2 ekor kambing untuk aqiqah pada hari ke 21 setelah kelahiran bayi.

Aqiqah adalah Sunnah Muakad sehingga sunnah yang diwajibkan khusus bagi orangtua yang mampu mewujudkan 1 atau 2 ekor kambing untuk di sembelih tergantung jenis kelamin bayi yang dilahirkan.

Pelaksanaan Aqiqah disesuaikan dengan kemampuan dalam mewujudkan kambing untuk disembelih, berdasarkan Sunnah dilaksanakan pada hari ke 7 atau hari ke-14 atau hari ke 21, setelah itu terserah waktunya.

  • Hewan disembelih dengan membawa doa khusus Aqiqah
  • Daging hewan dimasak
  • Mengundang keluarga dan tetangga untuk menikmati daging
  • Memberinama dan Mencukur Rambut si Bayi
  • Doa bersama untuk mendoakan bayi agar menjadi anak yang Sholih dan Sholeha

Demikian yang dapat saya sampaikan dalam artikel ini, mudah-mudahan apa yang saya tulis dapat menjadi pengetahuan bagi anda semua. Saya ucapkan terima kasih kepada bunda / ayah yang sudah membaca artikel ini.

Baca Juga: Pengalaman Melahirkan Normal di Apotik Ika Farma


Be the first to comment

Leave a Reply