Apa itu Asam Folat? dan Manfaat untuk Ibu Hamil

Sumber Makanan Asam Folat

Hamil merupakan sebuah proses yang harus dilewati seorang wanita untuk bisa mendapatkan keturunan, sehingga sangat penting bagi ibu untuk menjaga kesehatan selama hamil agar bayi yang ada dalam rahim dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan sehat.

Menjaga kesehatan selama hamil salah satunya adalah dengan mencukupi nutrisi dan gizi yang dari makanan dimakan sehingga ibu dapat mengandung dengan sehat dan bayi yang ada didalam janin dapat terpenuhi kebutuhan nya termasuk diantaranya memenuhi zat besi, kalsium, vitamin, dan yang paling pokok adalah Asam Folat (Vitamin B9).

Apa itu Asam Folat?

Sebagai ibu harus tahu mengenai asam folat, sebuah nutrisi yang ada didalam buah dan sayur. Nutrisi yang disebut dengan asam folat ini sangat penting bayi untuk pertumbuhan sel syaraf selama dalam kandungan. Sehingga bayi dapat tumbuh dan kembang dengan sempurna (baik dan sehat).

Apabila asupan asam folat tidak terpenuhi secara sempurna alias kekurangan asam folat maka dapat berdampak buruk pada bayi seperti terjadinya cacat pada organ bayi seperti bibir sumbing, cacat vital, dl. Tentu ini kita tidak ingin hal ini terjadi maka dari itu cukupi kebutuhan asam folatnya.

Usia emas bayi adalah sejak dalam kandungan 0 bulan, mulai dari segumpal daging dan tumbuh menjadi wujud manusia yang memiliki berbagai organ. Oleh karenanya, tingkatkan konsumsi asam folat pada saat hamil terutama di minggu-minggu pertama kehamilan.

Ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi asam folat 400 mcg per hari (pada awal kehamilan), setelah usia kandungan masuk 4 bulan maka dosisnya lebih banyak lagi yaitu 600 mcg.

Sumber makanan Asam Folat

Asam folat dapat ibu dapatkan dengan mengkonsumsi buah-buahan seperti alpukat, pisang, tomat, pepaya dll dan sayur sayuran seperti brokoli, lobak hijau, bayam, katu, dan lainnya serta kacang-kacangan.

Disamping itu juga disarankan untuk mengonsumsi susu khusus ibu hamil seperti susu lactamil, susu prenagen, susu anmum materna dll. Karena susu ini telah dibuat dengan kandungan gizi dan nutrisi yang cukup sehingga dapat membantu ibu hamil melengkapi gizi dan nutrisi termasuk didalamnya adalah asam folat.

Serta mengkonsumsi suplemen makanan yang dapat diperoleh dari posyandu, dari bidan atau resep dari dokter kandungan. Seperti yang saya dapat dari dokter yaitu disuruh minum Promavit atau Folavit, sebuah suplemen yang memiliki kandungan asam folat, kalsium, zat besi dan mineral yang banyak.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*