Asupan Gizi yang diperlukan Bagi Ibu Hamil

Asupan Gizi untuk Ibu Hamil
Asupan Gizi untuk Ibu Hamil

Bagi seorang wanita butuh melewati sebuah perjuangan yang cukup berat ketika ingin menjadi seorang ibu. Ya, menjadi seorang ibu kita harus melewati fase yang namanya “hamil”. Berbagai kondisi perubahan dialami dari minggu-ke-minggu tetap semangat sampai melahirkan.

Ibu hamil dituntut untuk bisa menjaga kesehatannya agar bayi yang dikandung dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, jangan sampai sakit. Apabila sakit segera diobati agar bisa cepat sehat kembali, telat sedikit saja bisa fatal akibatnya.

Salah satu yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan yaitu dengan mencukupi asupan gizi, maka ibu hamil tidak boleh sembarangan makan karena apa yang kita makan akan mempengaruhi perkembangan bayi dalam kandungan.

Selama kehamilan saya pun berusaha untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi yang dibutuhkan untuk perkembangan dan pertumbuhan bayi. Masa didalam kandungan merupakan masa emas bagi si kecil, maka ibu harus cerdas untuk mencukupi gizi nya.

Asupan Gizi yang diperlukan Bagi Ibu Hamil

Pada saat berkonsultasi dengan dokter kandungan saya (dr. angelina), beliau menyarankan saya untuk banyak makan yang mengandung nutrisi yang dibutuhkan bagi ibu hamil dan janin seperti berikut ini :

  1. Asam Folat
  2. Zat Besi
  3. Mineral
  4. Kalsium
  5. Protein
  6. Vitamin
  7. Kalium
  8. Omega 3 & 6
  9. Serat Pangan (inulin)
  10. Karbohidrat
  11. Dan Sebagainya..

Semua kandungan ini dapat kita temukan pada buah, sayur, ikan, telur kampung dan daging. Namun terkadangan ibu hamil mengalami hilang nafsu makan karena berbagai faktor, terutama pada saat hamil muda sehingga kita butuh asupan nutrisi tambahan dari susu khusus ibu hamil dan minum suplemen makanan.

Baca Juga : Manfaat Minum Susu Ibu Hami

Baca Juga : Promavit, Suplemen Makanan Untuk Ibu Hamil

Apabila ibu hamil kekurangan salah satu nutrisi atau bahkan kurang semuanya, maka akan berdampak buruk bagi bayi. Contohnya, ketika ibu kurang mengkonsumsi asam folat (vitamin B9) maka anak akan terlahir cacat seperti bibir sumbing dll.

Tentu kita tidak mau dong, terjadi sesuatu yang buruk terhadap bayi kita. Maka dari itu berusahalah untuk mengcukupi asupan gizi yang diperlukan bagi ibu hamil. Dan disitulah faktor utama yang membedakan anak dengan anak yang lainnya.

 


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*