14 Bahaya Asap Rokok Bagi Ibu Hamil dan Janin

Bahaya Asap Rokok
Bahaya Asap Rokok

Rokok merupakan sumber racun yang berbahaya, bukan hanya perokoknya saja yang bisa terkena penyakit namun orang-orang yang ada disekitarnyapun bisa mengalami dampak berbahaya. Banyak sekali orang yang merokok disembarangan tempat sehingga orang yang tidak merokok bisa kena racunnya.

Terlebih lagi bagi ibu hamil, banyak ibu hamil yang tidak merokok tapi terkena dampak bahaya dari paparan asap rokok yang ada disekitarnya seperti asap rokok dari rekan kerja saat dikantor, asap rokok saat dalam kendaraan umum, dan sebagainya bahkan asap rokok dari keluarganya.

Apabila ibu hamil sering terpapar asap rokok maka akan menimbulkan resiko terhadap kesehatan. Bahaya yang dapat terjadi bukan hanya bagi si ibu saja, tapi bayi yang sedang dikandungpun dapat mengalami gangguan kesehatan karena senyawa kimia yang masuk kedalam tubuh ibu hamil dapat meracuni janin.

Orang yang berada disekitara para perokok aktif disebut juga perokok pasif, karena juga menghirup sisa asap rokok yang dikeluarkan dari si perokok aktif. Apabila hal ini terus terjadi maka senyawa yang terkandung dalam asap rokok dapat menyebabkan kerusakan genetik yang bisa memicu penyakit leukia atau kanker lainnya.

Berikut ini adalah 14 Dampak yang dapat terjadi apabila ibu hamil menghirup asap rokok, sering tidak sering dapat menyebabkan sesuatu yang tidak diinginkan.

  1. Penyakit Kanker Bagi Ibu Hamil
  2. Menimbulkan Kematian pada Bayi atau menimpulkan penyakit ketika bayi lahir.
  3. Racun Rokok dapat menghambat aliran darah bagi bayi.
  4. Bayi dapat terlahir dengan berat badan rendah.
  5. Asap rokok dapat meningkatkan kematian mendadak bagi janin.
  6. Beresiko terserang penyakit bronkitis, pneumonia, infeksi paru-paru pada Bayi.
  7. Menyebabkan terjadinya perubahan struktur DNA
  8. Dapat melemahkan kekebalan tubuh si bayi.
  9. Mengganggu perkembangan otak janin dan mengalami keterbelakangan mental
  10. Dapat menyebabkan Bayi Lahir Prematur dengan Organ tubuh yang belum sempurna.
  11. Bayi yang dilahirkan akan memiliki penyakit ASMA.
  12. Meningkatkan risiko bayi lahir cacat seperti bibir sumbing
  13. Pengaruh asap rokok bisa menyebabkan bayi mengalami penyakit jantung
  14. Bahkan dapat menyebabkan Keguguran.

Untuk mencegah hal tersebut diperlukan kerjasama dari berbagai pihak baik keluarga, teman-teman kerja dan orang-orang disekitar ibu hamil untuk tidak merokok. Serta membuat peraturan yang lebih jelas mengenai tempat-tempat mana saja yang boleh dan tidak boleh merokok.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*