Bayi 4 bulan udah bisa apa?

Bayi Umur 4 Bulan
Bayi Umur 4 Bulan

Sekarang fania ku sudah berusia 4 bulan (jalan 5 bulan), perkembangannya alhamdulillah sangat baik mulai dari pertumbuhan, berat badan hingga suatu hal yang baru dilakukannya. Berat badan fania di usia 4 bulan mencapai 6,2 kg, kata bidan saat imunisasi (suntik dpt) perkembangannya sangat baik. 

Sebagai ibu tentu sangat bahagia dengan perubahan yang dialami anak nya mulai dari ia dilahirkan. Akupun merasakan hal yang sama, apalagi di usia fania yang ke 4 bulan (jalan 5 bulan) karena sudah bisa melakukan sesuatu yang baru.

Saat ini fania sudah bisa tersenyum dengan baik banyak orang yang berkata “sumeh”
red:jawa yang artinya : murah senyum.

Banyak orang suka pada fania karena senyum manis yang selalu di berikan kepada setiap orang yang menyapanya. Pengelihatan bayi di usia 4 bulan sudah cukup baik sehingga dia mampu melihat orang lain dengan menatap matanya dan juga mampu menggenggam dan meraih benda yang dilihatnya.

Bayi Umur 4 Bulan
Bayi Umur 4 Bulan

Fania sangat senang kalau di foto, sangat mudah bagi saya untuk mengambil foto dalam posisi tersenyum dan beberapa gaya foto lainnya yang dapat saya abadikan kedalam akun instagram miliknya @adwarafania.

Karena umur fania sudah menginjak 5 bulan maka dia sudah bisa tengkurap sendiri dengan sempurna (namun belum bisa balik sendiri), saya sering kali memberikan stimulus kepadanya untuk bisa membalikkan badan dalam posisi tidur terlentang kembali. 

Walau sudah bisa tengkurap, fania lebih suka di angkat seperti bayi sedang titah (belajar jalan), selalu minta berdiri dengan kaki yang aktif menjejak-jejakan ke lantai seperti mau lompat. 

Adapun untuk kemampuan bicaranya sudah bisa ngoceh-ngoceh ga jelas, apalagi kalau sudah diberikan mainan yang digigit. hemmm, dia akan menggeremeng dan menggigit mainan yang digenggamnya.

Setiap anak mungkin berbeda-beda, ada juga yang sudah bisa dilakukan bayi lain tapi belum bisa di lakukan fania. Tapi tak mengapa, yang penting bayi dapat tumbuh ideal dengan mengamati berat badan, keaktifannya (gerak), hingga kesehatannya.

Kewajiban kita sebagai seorang ibu adalah menjaganya, merawatnya mulai dari memandikan dan selalu memberikan ASI sebagai makanan terbaik. Bayi yang diberi ASI akan tumbuh kembang dengan baik dan sehat, karena memang ASI mengandung gizi dan imun untuk daya tahan tubuh bayi.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*