Ketika Bayi Usia 5 Bulan Mengalami Pilek

Bayi Pilek

Pilek adalah sebuah jenis penyakit yang suka menyerang bayi, hampir semua bayi pernah mengalami pilek. Ketika bayi anda pilek, anda tidak perlu cemas dan tidak perlu panik jika tidak mengalami gejala demam / panas yang tinggi. 

Ada banyak hal yang menyebabkan bayi pilek, bayi saya pun pertama kali pilek pada umur 5 bulan dan kemudian pilek lagi pada usia 6 bulan. Hal ini dipengaruhi karena faktor cuaca dan udara di sekitar, jika bayi sering di bawa bepergian biasanya lebih rentan terkena pilek apalagi jika bepergian menggunakan sepeda motor.

Ketika bayi anda pilek maka anda bisa memeriksakan ke bidan untuk mendapatkan pertolongan pertama yaitu dengan pemberian obat. Tapi, selama anak saya pilek saya belum pernah membawa nya ke bidan atau dokter, karena selama tidak terlalu rewel dan masih aktif bergerak berarti masih baik-baik saja.

Bayi rewel saat pilek itu biasa, apalagi ketika ingus masih berupa lendir lembut seperti air yang mengalir, sebab bayi merasakan pusing pada saat itu karena memang bayi belum bisa mengeluarkan lendirnya seperti orang dewasa. Pada saat pilek tidak di anjurkan menyedot menggunakan mulut karena berbahaya.

Cukup lap dengan tisu juga jangan di pencet hidungnya biarkan ingus keluar sendiri, ketika keluar baru di bersihkan dengan tisu (ditempel-tempelkan). Pada saat membaringkan, pastikan bagian kepada lebih tinggi agar ingus tidak naik keatas.

Biasanya pilek menyebabkan hidung bayi kotor, bersihkan pada saat mandi atau bersihkan menggunakan cotton but dengan lembut. Jangan sembarangan, karena dapat membuat kulit bayi lecet dan perih.

Obat yang paling tepat hanya ASI, terus berikan ASI pada saat bayi anda pilek karena memang ASI memiliki imun yang dapat membuat bayi lebih baik dan kuat. Hindari penggunaan obat dari warung, jangan sembarangan berikan obat kepada bayi karena sangat berbahaya.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*