Bayi Suka Main Ludah, Apakah Normal Bun?

Adwa Rafania

Melihat perkembangan dan pertumbuhan sikecil hari ke hari membuat kita merasa sangat senang, lebih senang dari sebelumnya. Berbagai hal dapat dilakukan si kecil, mulai dari memasukan tangan kemulut, menggenggam benda, tersenyum hingga ada saat dimana bayi bermain ludah.

Kebetulan memang saya dan suami bekerja sebagai seorang blogger yang selalu stay dirumah, sehingga saya dapat melihat perubahan pada bayi saya (fania). Fania mulai mainan ludah saat menginjak usia 4 bulan.

Bayi mainan ludah karena memang belum dapat mengontrol otot dan belum memiliki gigi sehingga ludah lebih mudah keluar dari mulutnya. Ketika ludah keluar dari mulutnya, disinilah kesempatan ia memainkan ludah yang menjadi kegiatan paling mengasyikan.

Ketika si kecil memainkan ludah, bunda ga perlu khawatir. Justru saya sangat gemas ketika fania (bayiku) menyembur-nyembur ludahnya. Hal ini dapat berhenti dengan sendirinya, ketika bayi dapat mengontrol mulutnya.

Jadi, bayi memainkan ludah merupakan hal yang normal. Hampir semua bayi melakukan hal ini di usia 3-5 bulan. Prilaku ini merupakan gerakan reflek si kecil ketika ada ludah yang keluar dari mulutnya sebagai bentuk ekspresi dengan bagian tubuh yaitu mulut.

Sekarang fania sudah menginjak usia 8 bulan, prilaku menyemburkan ludah sudah berhenti. Berhenti memainkan ludah sejak usia 6 bulan setelah saya memberikannya MPASI. Saya selalu memberikannya biskuit sebagai pegangan yang dapat ia makan.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*