Bayi Tidur Memakai Bantal atau Tidak

Bayi Tidur Tanpa Bantal
Bayi Tidur Tanpa Bantal

Tidur merupakan salah satu aktivitas yang dilakukan bayi setiap hari selain pipis, menangis, minum susu, buang air besar. Ada hal yang penting yang perlu diketahui oleh para ibu mengenai bayi tidur, haruskah bayi tidur memakai bantal? bagaimana pendapat medis mengenai hal ini. 

Setiap ibu tentu menginginkan bayi dapat tidur dengan nyaman, salah satu cara yang sering dilakukan yaitu dengan memberikan bantal U atau bentuk lainnya untuk bayi, selain nyaman dengan harapan agar bentuk kepala bayi dapat bundar sempurna. Begitupun juga dengan saya, saya sudah menyiapkan set perlengkapan tidur untuk bayi termasuk bantal dan guling.

Tapi setelah saya membaca informasi kesehatan di situs alodokter.com dan majalah seputar kesehatan ibu dan bayi ternyata bayi tidur menggunakan bantal itu tidak dianjurkan karena dapat beresiko kematian mendadak (SIDS), terutama bagi bayi yang usianya kurang dari 1 tahun (baru lahir). 

Terkadang memang kasihan sih melihat sikecil tidur tanpa menggunakan bantal, tapi banyak medis menyebutkan lebih baik bayi tidur tanpa bantal, dengan tidak menggunakan bantal bayi akan lebih leluasa untuk menoleh ke kanan, kekiri dan pernapasannya menjadi lebih baik.

Saya tidak lagi memberikan bantal kepada bayi saya, saya menidurkannya di kasur yang beralaskan kain dalam bidang datar karena saya tidak ingin terjadi sesuatu yang yang tidak diinginkan. 

Sesekali saya kasih bantal namun tetap berada dalam pengawasan, bukan tidur malam hari. Penggunaan bantal tanpa pengawasan dan terlalu lama dapat berpotensi mengundang bahaya sesak nafas atau tersedak, dan menghambat pernapasan bayi.

Banyak anggapan bahwa menggunakan bantal khususnya bantal berbentuk huruf U dapat membuat bentuk kepala bayi bundar sempurna, anggapan ini dianggap keliru oleh medis. Belum ada bukti yang akurat mengenai manfaat penggunaan bantal pada bayi, justru sebaliknya banyak penelitian menyimpulkan bahaya penggunaan bantal pada bayi.

Baca Juga : Mengatasi Gomen pada Mulut Bayi

Perlu ibu ketahui, untuk bentuk kepala bayi anda tidak perlu dikhawatirkan, karena bentuk kepala bayi akan berubah bentuk menjadi lebih ideal dalam beberapa waktu. Oleh karena itu, tidak perlu menyiasatinya dengan menggunakan bantal dalam bentuk apapun.

Sumber Informasi :

  • Alodokter.com
  • DetikHealth
  • Parenting.co.id
  • Majalah Nova

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*