Bayi Umur 5 Bulan Makan Biskuit

Bayi Usia 5 Bulan Makan Bisnis
Bayi Usia 5 Bulan Makan Bisnis

Bayi suka nya memasukan benda kedalam mulutnya, maka dari itu bunda perlu membelikannya mainan gigit-gigitan jika bayi sudah menginjak umur 3 bulan. Agar tidak menggigit sembarangan, karena bayi rentan sekali sakit jika kurang menjaga kebersihan terutama sesuatu yang masuk kedalam mulutnya.

Setelah menginjak usia 5 bulan, bayi semakin aktif dan mengerti apa yang di pegang ketika di ambil akan menangis maka perlu digantikan dengan sesuatu yang aman untuk digigitnya seperti mainan gigit-gigitan seperti yang saya sebutkan tadi.

Mungkin, dari bunda ada yang bertanya mengenai bayi umur 5 bulan diberi biskuit boleh atau tidak. Pertanyaan seperti ini sering kali di ajukan pada saya, maka saya membuat pembahasan khusus mengenai makan biskuit untuk si kecil.

Dari ilmu kedokteran seperti yang disampaikan oleh para dokter bahwa bayi usia 0-6 bulan sebaiknya hanya diberi ASI saja, pemberian makan yang terlalu cepat dapat menyebabkan gangguan kesehatan terhadap bayi seperti :

  1. Susah BAB
  2. Diare
  3. Obesitas
  4. Alergi makanan
  5. Hingga ujungnya ga mau minum ASI.

Sebagai orangtua memang berhati-hati dalam menjaga bayi, termasuk tidak boleh asal memberikan makanan terutama pada bayi yang usianya dibawah 6 bulan. 

Sebelumnya saya juga berfikir boleh tidak ya bayi saya diberi biskuit? Karena memang pencernaan bayi sebelum usia 6 bulan masih belum bekerja secara sempurna. Tapi saya tetap mencoba memberikan biskuit kepada bayi saya (Fania) di usia 5 bulan bahkan saya sudah memberikannya Buah Alpukat, Buah Pisang, dan Buah Naga.

Sebenarnya untuk bayi 4 bulan sudah bisa (bukan boleh) diberi MPASI ketika bayi yang diberi ASI berat badannya tidak berkembang dengan baik. Tapi kalau berat badannya masih normal dan ideal maka lebih baik di beri ASI saja.

Diusia 5 bulan, Fania saya beri buah Pisang, Alpukat, Buah Naga dan Biskuit yang dilembutkan, kemudian saya suapi dikit-dikit. Awalnya khawatir, karena bayi saya tidak BAB selama 4 hari tapi Alhamdulillah tidak rewel. Setelah hari ke-5 akhirnya Fania buang air besar dengan lancar.

Sedangkan ketika biskuit untuk pegangan biar di lamuti, maka kita perlu menjagainya karena khawatir ketika menggigit biskuit dalam ukuran besar dan tertelan maka bayi akan tersedak dan itu berbahaya bagi bayi. Sempat mendengar berita ada bayi meninggal dunia ketika tersedak pisang.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*