BB Janin Usia 28 Minggu Ideal

Hasil USG 36 Minggu
Hasil USG 36 Minggu

Senang rasanya ketika mengetahui kabar bahwa positif hamil, saya diberikan kehamilan setelah 2 bulan menikah. Saya sangat bersyukur sekali, karena banyak orang yang belum bisa hamil setelah bertahun-tahun menikah. Maka dari itu akan ku jaga selalu kehamlan ini sampai waktunya melahirkan.

Berbagai kesulitan saya lalui, mulai merasakan mual di usia kandungan 2 bulan. Nafsu makan berkurang, saya khawatir akan berdampak buruk pada janin yang saya kandung. Tapi untungnya ada susu khusus ibu hamil yang selalu saya minum pagi dan sore untuk memenuhi gizi dan nutrisi selama kehamilan. Cukup membantu pada saat merasakan mual.

Minggu demi Minggu terus kulalui, aku selalu kontrol ke Dokter Spesialis Kandungan yang ada di Bandar Lampung yaitu dr. Angelina di Apotik Ika Farma. Setiap kontrol saya selalu di cek menggunakan USG untuk mengetahui perkembangan janin seperti lingkar perut, lingkar kepala dan berat badan yang seharusnya.

Pada usia kehamilan 28 minggu atau (7 bulan), terlihat bahwa berat-badan janin saya kurang sesuai dengan usia kandungan. Seharusnya janin usia 28 minggu memiliki berat badan 1150 gram namun janin saya hanya 1023 gram, itu artinya kurang 127 gram.

Kemudian dokterpun memberikan saran kepada saya untuk makan es krim kemasan kotak setiap hari dan makan sedikit tapi banyak (rutin) untuk membantu perkembangan berat badan janin. Alhamdulillah, setelah kontrol di bulan berikutnya ada perubahan mendekati ideal walaupun belum sepenuhnya sama dengan tabel janin yang ada di dokter.

Setelah saya coba bertanya-tanya dengan ibu yang telah berpengalaman, kita jangan terlalu khawatir dengan berat-badan janin yang ada didalam kandungan. Nanti berat janin akan bertambah secara drastis ketika masuk 8-9 bulan. Dan akhirnya saya melahirkan normal dengan berat badan bayi 3.2 Kg.

Baca Juga : Hasil USG 36 Minggu


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*