Bintik-Bintik Putih pada Bibir dan Lidah Bayi

Bintik Putih pada Lidah Bayi

Kehadiran seorang bayi ditengah-tengah keluarga membawa suatu kebahagian tersendiri mengalahkan segalanya, melihat senyum ceria bayi membuat hati merasa senang dan gembira. Namun, terkadang melihat bayi yang sakit membuat kita merasa kasihan dan khawatir terjadi apa-apa kepadanya.

Salah satu yang pernah dialami oleh bayi saya adalah munculnya bintik-bintik putih pada bibir bagian dalam dan lidah nya. Menurut para orangtua, kondisi seperti itu disebut dengan gomen. Sebelumnya saya sudah membahas mengenai obat gomen.

Baca Disini : Gomen pada Mulut Bayi

Pada kesempatan kali ini, saya akan kembali membahasnya. Karena masih banyak ibu-ibu baru yang belum tahu mengenai kondisi seperti ini yang sehingga membuat mereka khawatir. Banyak yang bertanya-tanya, apakah munculnya bintik putih pada mulut dan lidah bayi itu berbahaya?

Jangan melulu bayi sakit dibawa ke dokter, dikasih obat dan minum obat. Apalagi obat yang diberikan itu berbahan kimia tentu ini memilik efek samping di jangka waktu yang panjang. Ada istilahkan bentar-bentar ke dokter, padahal masalah tersebut dapat diatasi sendiri.

Muncul bintik putih pada mulut bayi merupakan hal yang sering terjadi pada sebagian bayi, ada yang bilang kalau itu sariawan versi bayi. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa kemungkinan seperti bekas susu (ASI atau Susu Formula), terjadinya infeksi jamur Candida albicans, dll.

Muncul Karena Bekas Susu

Bayi yang menyusu baik ASI atau Susu Formula (biasanya sih yang lebih sering karena susu formula), dimana setelah menyusu si bunda tidak membersihkan mulut bayinya. Jika terus dibiarkan maka akan muncul yang namanya gomen atau bintik putih.

Jika bercak putih ditimbulkan karena bekas susu maka ini cukup dibersihkan menggunakan kain bersih atau kasa steril yang dicelumkan kedalam air hangat dengan cara mengusap residu susu secara perlahan dan lembut dengan gerakan melingkar dibagian mulut yang ada bintik putihnya. Bagian mulut bayi setelah dibersihkan akan kembali berwarna merah muda seperti sebelumnya.

Muncul Karena Jamur

Kondisi seperti ini disebut dengan Oral Trush, jika dilihat bintik-bintik putih sangat banyak maka bisa dimungkinkan karena infeksi jamur. Dengan keadaan yang seperti ini bunda tidak bisa membersihkannya menggunakan kain atau kasa karena hal tersebut bisa menyebabkan mulut bayi berdarah. Infeksi jamur ringan dapat hilang dengan sendirinya, namun jika kondisinya parah maka perlu pengobatan khusus dari dokter dan bidan.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*