Cara Masak Sayur Bening Bayam Sederhana

Sayur Bayam
Sayur Bayam

Maka tanpa ada sayur rasanya belum lengkap, apalagi suami saya paling suka banget dengan yang namanya sayur. Salah satu sayur yang sering saya buat di waktu pagi yaitu Sayur Bening. Kadang sayur bening daun katu, kadang sayur bening bayam tergantung selera.

Kali ini saya membuat sayur bening bayam sederhana, untuk urusan dapur saya paling jago hehehe.. Saya jadwalkan memasak sayur bening bayam ini setiap pagi pada hari selasa dan sabtu. 

Bayam mengandung banyak sekali serat dan kandungan gizi lainnya seperti Protein, Vitamin A, Vitamin C, Asam folat, Zat Besi, dan banyak kandungan lainnya yang sangat bermanfaat bagi tubuh, itu alasan saya mengapa saya memasukan bayam sebagai menu masakan keluarga.

Buat kalian yang belum bisa masak, disini saya akan berbagi resep memasak sayur bayam dengan cara yang sederhana. Cara nya bener-bener gampang, walaupun gampang tapi kalau tidak tahu caranya akan menghasilkan sayur yang kurang enak.

Sayur Bayam
Sayur Bayam

Bahan – Bahan yang perlu disiapkan :

  • 1 Ikat Bayam cabut atau lebih sesuai selera
  • 2 Siung bawang Putih
  • 3 Siung bawang merah
  • 1 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • Penyedap Rasa (bila perlu)
  • Jagung Manis (bila perlu).
  • 2 Gelas Air

Cara Masak Sayur Bening Bayam Sederhana ala Puput Mutiara :

Disini saya akan memberikan resep masak sayur bening bayam tanpa jagung manis, saya sengaja tidak memasukan jagung kedalamnya karena saya biasa makan jagung manis dengan cara direbus. Tapi kalau anda ingin di tambahkan jagung atau sayuran lain boleh-boleh saja. 

  1. Petik-petik daun bayam dengan memilih yang masih segar sambil periksa jangan sampai ada ulat yang tertinggal di daun. Selanjutnya cuci bersih daun bayam yang sudah di petik-petik tadi. Kemudian masukan kedalam suatu wadah.
  2. Iris bawang putih dan bawang merah
  3. Rebus air kedalam panci, lalu masukan irisan bawang putih, bawang merah (sisakan sedikit irisan bawah merah untuk digoreng).
  4. Masukan garam, gula, serta penyedap rasa (jika anda menggunakan penyedap)
  5. Tunggu air sampai mendidih, lalu masukkan sayur bayam (agar warna sayur tetap hijau masukkan ketika air sudah mendidih ya.)
  6. Jika sudah matang atau empuk sayur silahkan diangkat lalu taburi dengan bawang merah yang sudah digoreng tadi.

Biasanya sayur bening bayam ini saya sajikan dengan sambal terasi dan ikan goreng atau saya sajikan dengan sambal goreng tempe.  Nah bagi anda yang mau mencoba silahkan dicoba sendiri dirumah ya sesuai selera. Sayur bening ini enak dinikmati ketika cuaca panas, dengan makan ditemani sayur bening akan menambah kesegaran dalam menikmati menu makanan yang kita santap…


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*