Gomen pada Mulut Bayi

Obat Gomen pada Bayi
Obat Gomen pada Bayi

Setelah melahirkan tentu sebagai orangtua (saya : ibu) terus merawat bayi supaya tetap sehat, dimana dengan terus memberikannya susu asi sebagai sumber nutrisi utama.

Namun, pada hari pertama lahir sampai dengan hari ke-3 pasca melahirkan asi belum juga keluar maka saya memberikannya susu formula “frisian bayi” untuk usia awal yaitu 0-6 bulan.

Walau asi belum keluar, bayi supaya tetap berlatih untuk nenen pada ibu. Setelah hari ke-4 alhamdulillah asi dari saya sudah keluar dan bayi saya sudah terbiasa melakukannya.

Pada hari dimana minum susu formula, muncul putih-putih pada mulut bayi saya ini merupakan sariawan pada bayi yang disebut dengan gomen. Bercak putih atau gomen muncul merupakan susu formula yang tidak tertelan sehingga menjadi gomen.

Gomen adalah bercak putih yang muncul di mulut bayi hingga pipi bayi bagian dalam (dekat gusi), jika anda mengalami hal yang sama maka anda tidak perlu khawatir. Seperti ini wajar saja terjadi, apabila bayi anda minum susu formula, anda bisa tanyakan bidan untuk mengatasinya.

Cara Mengatasi Gomen pada Bayi

Setelah saya bertanya pada bidan mengenai gomen, ternyata gomen pada bayi itu hal yang wajar terjadi dan aman, tentunya jika dalam jumlah yang wajar. Agar gomen tidak terlalu banyak, maka setelah minum susu formula supaya di bersihkan.

Gomen terjadi juga bisa disebabkan karena puting susu yang bunda yang tidak bersih maka sebelum minum asi sebaiknya bunda membersihkan puting terlabih dahulu dengan air hangat atau bisa di oleskan dengan asi itu sendiri.

Untuk mengatasinya bunda bisa menggunakan obat yang namanya Gom, anda bisa beli langsung di bidan atau di apotik terdekat, bilang aja beli obat gomen untuk bayi dan obat gom ini memiliki rasa manis.

Cara Menggunakan Obat Gom pada Bayi

Dalam kemasan obat ini tidak untuk di telah maka dari itu penggunaannya jangan terlalu banyak, gunakan setelah bayi minum susu dan kondisi tidur. Oleskan obat gom pada bercak putih yang ada pada mulut bayi menggunakan cotton bud yang bersih.

Jangan terlalu berlebihan dalam menggunakan obat gom untuk bayi, khawatir saja dengan kesehatan bayi, karena memang fisik bayi belum terlalu kebal seperti orang dewasa, setelah gom diberikan maka dalam beberapa waktu maka gom pada mulut bayi akan lepas dan hilang,


2 Comments

  1. Alhamdulillah, artikelnya memberikan informasi yang sangat membantu,khususnya bagi saya yang nantinya akan menjadi seorang ibu juga seperti halnya mba puput .. Alhamdulillah jazakillahukhoiro mba 😊

    Terus memberikan artikel-artikel yang bagus yaa mba, semangat !

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*