Hamil Lagi ketika Anak Masih Umur 1 Tahun

hamil lagi ketika anak 1 tahun
hamil lagi ketika anak 1 tahun

Tak terasa waktu terus berlalu, berbagai hal telah ku alami bersama keluarga baik senang maupun sedih. 3 tahun kami telah menikah dan dikaruniai 1 anak perempuan yang kami bernama Fania, kehadirannya menjadi pelengkap kebahagiaan rumah tangga.

Kini anak pertama saya sudah berusia 1 tahun setengah, sudah bisa jalan sendiri dan sudah pandai bercakap terutama memanggil ku dengan kata “ibu” walaupun belum sempurna dalam melafadz kannya. 

Disini lah perjuangan baru ku dimulai, disaat anak pertamaku masih butuh kasih-sayang ternyata Allah memberikan ku tanggung jawab lagi dengan menitipkan janin didalam rahimku. Ya, aku saat ini hamil lagi.

Bukan tidak senang diberi anak lagi, tapi aku hanya merasa kasihan ketika melihat fania yang tengah bermain. Ia masih butuh kasih-sayang dari ibu nya, tapi karena aku sedang hamil banyak perubahan dalam diriku mulai dari lemas dan mual mual.

Ini membuatku kesulitan untuk mengajak anak pertamaku bermain, hanya waktu dia tidurlah aku bisa mendekapnya lebih erat dan mengelus kepalanya.

Untung saja, ayahnya selalu berada dirumah karena memang pekerjaannya sebagai blogger dan youtuber. Disaat aku tidak bisa mengajak anakku bermain, ayahnya selalu siap untuk tetap membuat nya ceria.

Kini panggilanku kepadanya berubah, yang semua dipanggil adek, kini menjadi panggilan kakak, kakak fania. Fania terlihat mengalami perubahan, ia semakin pintar dan dewasa.

Disaat saya sedang muntah-muntah, ia mendekatiku sambil berlinang airmata, mungkin ia kasihan kepadaku. Dia saat aku sedang berbaring, sesekali ia berusaha memijat kakiku. Masih kecil kok ngerti meminjat?? ya karena ia melihat ayahnya yang meminjatku saatku mulai lelah.

Pekerjaan rumah menjadi terabaikan, bahkan memasak pun tak kuasa. Karena disamping lemas, juga tidak kuat ketika mencium aroma bawang putih. Maka, tak ada pilihan lain untuk membeli makanan yang sudah jadi seperti sayur dan lauk.

Ketika kontrol ke dokter kandungan, usia kandunganku sudah masuk 2-3 bulan, pantes aja banyak perubahan. Aku harus berjuang melewati masa-masa sulit dimasa awal kehamilan ini.

Aku bertanya kepada dokter? Dok, apakah boleh menyusui anak pertama saya??? Dokter menjawab: boleh, tapi jangan terlalu sering karena bisa membuat bunda capek. Susui saja sebagai pengantar tidurnya, bukan untuk kebutuhan..

Untuk memenuhi kebutuhan nutrisiku, aku kembali minum susu khusus ibu hamil, makan buah-buahan dan daging. Aku berharap dan memohon doa mudah-mudahan anak kedua ini adalah anak laki-laki.. Amiiinn…


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*