Tanya Dokter: Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian?

buah durian

Menurut saya durian atau duren merupakan buah yang lezat, saya sangat suka makan durian bahkan 1 durian utuh saya mampu menghabiskannya, hehehe.

Tapi itu ketika saya tidak sedang hamil.

Ketika melihat durian, apalagi yang dagingnya berwarna kuning tebal dengan berbau khas, membuat saya ingin langsung menyantapnya.

Saat ini saya sedang hamil 5 bulan, bertepatan dengan musim durian.

Godaan yang begitu besar, ingin sekali aku makan durian, tapi aku khawatir dapat mengganggu kesehatan kehamilan dan janin.

Menjadi ibu hamil memang harus bijak dan cermat, agar tetap fit dan sehat.

Jika ibu sakit, hal ini juga dapat berpengaruh besar terhadap kesehatan janin yang sedang di kandung.

Ibu hamil tidak boleh sembarangan makan dan minum, apa yang dikonsumsi ibu selama hamil juga akan dikonsumsi oleh janin.

Maka dari itu, ibu hamil dituntut untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung gizi yang diperlukan janin seperti asam folat, kalsium, protein, omega 3, serat pangan, zat besi dan masih banyak lagi.

Pada saat saya kontrol ke dokter kandungan, saya pun bertanya kepada dokter yang memeriksa saya. Bolehkah Ibu Hamil Makan Durian, dok?

Dokter Menjawab: Boleh, asal tidak berlebihan. Sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, kalau cuma makan 1-2 butir saja tidak apa-apa.

Wow, jawaban ini sangat menyenangkanku.

Kesimpulannya adalah : Makan durian saat hamil itu boleh saja, dengan catatan tidak berlebihan. Demi keamanan, ibu hamil boleh makan durian hanay 1-2 butir saja. Intinya Jangan terlalu banyak !! dan jangan juga 1 buah dimakan sendiri.

Khusus ibu hamil memiliki riwayat penyakit diabetes, maka tidak dianjurkan mengkonsumsi buah durian ini, karena bisa berbahaya bagi kesehatannya.

Sedikit informasi tambahan mengenai manfaat dan kandungan durian:

Durian merupakan buah yang juga memiliki kandungan antioksidan yang tinggi, sehingga bermanfaat untuk antibakteri, antijamur dan antimikroba.

Durian juga mengandung banyak serat, zat besi, karbohidrat dan mineral yang juga membantu memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil.

Namun, walau begitu durian bukan menjadi makanan utama untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil loh!! Untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil disarankan untuk mengkonsumsi susu khusus ibu hamil.

Baca Disini: Susu Khusus Ibu Hamil

Resiko ketika Ibu Hamil Makan Durian Secara Berlebihan : 

Walaupun memang durian mengandung banyak gizi, tapi jika ibu hamil makan durian terlalu berlebihan juga dapat mengakibatkan dampak buruk bagi kesehatannya, terlebih lagi jika memiliki riwayat penyakit :

  • diabetes
  • obesitas

Kebanyakan makan durian juga bisa menyebabkan janin memiliki kelebihan berat badan dan berukuran besar, hal ini akan menyulitkan ibu untuk melahirkan normal. Dan juga bersiko terhadap bayi mengalami obesitas nantinya.

Tips Aman Makan Durian untuk Ibu Hamil :

Jika memang anda saat ini sedang hamil dan ingin sekali makan durian maka silahkan saja makan durian. Karena makan durian itu boleh bagi ibu hamil, maka sayapun memakan nya. Berikut ini tips nya:

  1. makan porsi sedikit (1-2 butir saja).
  2. tidak setiap hari makan durian
  3. banyaklah minum air putih setelah makan durian
  4. minumlah air dengan rongga kulit buahnya.

Walaupun memang durian memiliki manfaat untuk ibu hamil, tapi kita juga harus tetap hati-hati dan waspada. Jangan terlalu berlebihan mengkonsumsi durian saat sedang hamil, karena bersiko mengganggu kesehatan.


1 Comment

Leave a Reply