Bolehkah Ibu Hamil Tidur Telentang?

Ibu Hamil Tidur Terlentang
Ibu Hamil Tidur Terlentang

Ibu Hamil Tidur Terlentang

Pada saat belum hamil, mungkin kita tidak terlalu memikirkan posisi tidur seperti apa yang ingin kita lakukan tapi berbeda saat sedang hamil. Kita harus lebih memperhatikan posisi tidur yang baik untuk kesehatan. Posisi tidur telentang merupakan posisi yang banyak menjadi pertanyaan di kalangan ibu-ibu hamil. 

Boleh apa nggak?

Bahaya apa nggak?

Nyaman apa ngga?

Perlu bunda ketahui, tidur telentang menurut saya bukan tidur yang baik, posisi tidur seperti ini sangat tidak nyaman sekali. Karena sering kali ketika tidur telentang pada beberapa menit kemudian terbangun, apalagi ketika kadungan mulai besar.

Kalau ditanya, tidur seperti apa yang bagus? ya tentu saya lebih sering tidur miring ke kiri saat hamil. Tidur telentang sesekali aja dan lebih untuk geletakan sejanak (bukan untuk tidur). Karena memang tidur terlentang dapat menyebabkan beberapa resiko, maka lebih baik dihindari.

Seperti yang telah saya ketahui dari hasil konsultasi dengan dokter kandungan bahwa tidur telentang dapat memicu tekanan pada perut, karena usus dan pembuluh darah besar tertekan beban dari rahim. Dan lama-lama akan menyebabkan gangguan kesehatan seperti : Sakit punggung, gangguan pernapasan dan pencernaan serta dapat menurunkan sirkulasi darah ke jantung dan bayi sehingga bisa menyebabkan detak jantung bayi tidak stabil.

Maka, ketika hendak tidur sebaiknya menggunakan posisi tidur yang disarankan. Maka, ketika hendak tidur sebaiknya menggunakan posisi tidur yang disarankan yaitu tidur miring ke kiri dengan lutut ditekuk. Posisi tidur ini menurut saya lebih nyaman untuk beristirahat, kalau capek bisa pindah miring kekanan.

Tidur dengan posisi miring ke kiri dapat meningkatkan jumlah nutrisi dan oksigen dalam darah untuk didistribusikan ke plasenta dan janin. Agar tidur lebih nyaman, Ibu hamil juga dapat menaruh bantal diantara kedua kakinya. (modalin dikit beli bantal ibu hamil yang berbentuk huruf U).


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*