Umur Berapa Bayi Boleh dikasih Makan?

Duh senangnya melihat perkembangan dan pertumbuhan bayi dari waktu-ke-waktu, berbagai perubahan sangat saya perhatikan mulai dari berat badan, bentuk kepala, kedipan mata, senyuman, hingga suara tertawa ketika telah masuk usia 4-5 bulan.

Bayi memiliki kebiasanya memegang benda yang dapat diraihnya, benda yang berhasil di raih akan disasarkan pada mulutnya. Ketika bayi telah melihat dengan baik maka dia akan melihat orangtuanya yang sedang makan. Ketika itu, rasa kasihan orangtua muncul dan ingin segera memberinya makanan.

Mungkin anda memiliki pertanyaan kapan bayi sudah boleh di beri makan?

Umumnya bayi diberi makan setelah menginjak usia 6 bulan atau istilah disebut dengan MPASI (makanan pendukung ASI), karena memang kondisi alat pencernaannya sudah dapat bekerja dengan baik terutama ginjal dan lambung.

Saya memberikan makanan kepada anak saya (Fania) pada usia 5 bulan, namun makanan yang saya berikan hanya nasi lembut, buah alpukat, buah naga, wortel dan kentang dilembutkan, dan minyak ikan (PDO). Alhamdulillah, fania suka dan pencernaannya dapat bekerja dengan baik, BAB nya tetap lancar.

Saya nonton presentasi dr. Tiwi mengenai MPASI untuk bayi, bayi boleh diberikan makan pada usia 4 bulan (dengan catatan jika ASI tidak mencukupi dan tidak membuat berat badan bayi bertambah). Namun, jika diberi ASI berat badan dapat naik maka anda lebih baik memberi MPASI pada usia yang telah disarankan yaitu 6 bulan.

Fania (anak saya) diberi makan pada usia 5 bulan karena ayahnya yang sering kasih-kasih makan (buah alpukat), fania jadi terbiasa dan terkadang Fania nangis tanpa sebab padahal sudah di kasih ASI, tidak sakit, tidak digigit seranggga, kata Ayahnya mungkin dia lapar, kan ada anak yang jalan lebih cepat, merangkak lebih cepat, mungkin saja fania bisa makan lebih cepat.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*