7 Kebiasaan Yang Berbahaya Bagi Kehamilan Anda

kebiasaan yang berbahaya bagi ibu hamil
kebiasaan yang berbahaya bagi ibu hamil

Hamil sudah menjadi qodrat yang harus dilalui bagi wanita ketika ingin memiliki anak, sebuah perjuangan yang cukup berat karena banyak perubahan yang dialami, mulai dari mual, gampang capek, ga suka bau sesuatu, pokoknya banyak hal yang ga enak.

Bahkan ada suatu kondisi yang harus dihindari bagi ibu hamil, karena apabila masih dilakukan dapat membahayakan terhadap kehamilan. Ibu hamil harus lebih cermat dan berhati-hati dalam melakukan aktivitas sehari-hari.

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi informasi mengenai 7 kebiasaan yang sering dilakukan ternyata tanpa disadari itu dapat membahayakan kehamilan. Berikut adalah rangkuman yang dapat saya tulis dalam posting hari ini :

1. Terlalu Lama Berdiri atau Duduk

Bagi ibu hamil yang bekerja maka perlu memperhatikan aktivitas fisik yang dikerjakan, ibu harus lebih banyak beristirahat dengan berbaring miring. Pastikan tidak terlalu lama berdiri dan duduk, ini dapat memicu resiko pembekuan darah.

Jika ibu hamil terlalu banyak duduk atau berdiri maka dapat mempengaruhi aliran darah dari tubuh ibu ke janin. Tentu, jika ini terjadi akan berakibat fatal yang dapat menyebabkan kematian janin dalam kandungan alias keguguran.

2. Berbaring terlentang

Berbaring juga tidak boleh sembarang dilakukan oleh ibu hamil, Anda perlu mengetahui posisi terbaik bagi ibu hamil. Berbaring miring adalah posisi ideal yang dapat dilakukan oleh ibu hamil, apalagi ketika usia kehamilan sudah masuk 6 bulan keatas.

Kalau usia kehamilan masih muda trimester pertama, tidur miring mungkin tidak terlalu bahaya tapi ketika sudah masuk trimester 2 dan 3 maka sebaiknya itu menghindari tidur terlentang terlalu lama. 

Kondisi ini, ketika dilakukan maka janin akan menekan urat besar ibu, posisi terlentang saat hamil dapat mempengaruhi aliran darah, yang berujung pada munculnya pusing, sesak napas, atau detak jantung yang cepat.

3. Tidak hati-hati naik turun tangga

Berjalan pagi baik dilakukan oleh ibu hamil, tapi tidak terlalu lama juga. Pastikan ibu juga berjalan dijalan yang datar bukan di jalan menanjak. Terlebih lagi naik turun tangga, ibu harus menghindarinya saat hamil.

Naik turun tangga memiliki resiko berbahaya yaitu tergelincir dan terjatung. Apalagi jika naik tangga tidak berpegangan, daripada terjadi hal yang tidak diinginkan sebaiknya dihindari saja.

Jika anda bekerja disebuah kantor yang tempatnya ada di lantai atas maka bisa manfaatkan Lift untuk naik, atau jika tidak ada lift minta ke bos anda untuk pindah tempat kerja di lantai dasar.

4. Menggunakan Produk Pembersih Terlalu Sering

Seorang wanita ketika melihat rumah berantakan dan lantai kotor membuat nya merasa tidak nyaman, maka biasanya mereka akan membersihkannya dengan di pel.

Saat ngepel lantai biasanya ibu juga akan menggunakan produk pembersih, perlu anda ketahui bahwa pembersih lantai tersebut menggunakan bahan kimia yang dapat berbahaya bagi janin.

Bahan kimia berbahaya akan masuk melalui paru-paru saat menghirup aroma pembersih lantai tersebut. Pastikan, jika anda sedang membersihkan menggunakan produk pembersih maka perlu jaga sirkulasi udaranya dengan cara membuka pintu dan jendela.

5. Hindari Asap Rokok, Kendaraan, Bakar Sampah dan Dapur Tungku

Segala macam asap itu akan berbahaya bagi pernapasan terlebih lagi jika asap tersebut berasal dari rokok, knalpot kendaraan, sampah plastik, dan dapur tungku.

Cepat atau Lambat pasti akan memiliki dampak buruk bagi janin yang anda kandung, maka dari itu hindari tempat yang berasap. Gunakan masker, jika diperlukan untuk mengurangi resiko terburuk jika memang mengharuskan melewatinya.

6. Sembarangan Saat Memilih Makanan

Ibu hamil biasanya makannya milih-milih, dan kebanyakan makanan yang dipilih nya itu kurang sehat seperti mie instan, makanan bersaus, makanan mengandung MSG atau micin, minuman bersoda dan sebagainya.

Ibu hamil memang butuh asupan makanan dan minuman, tapi sebaiknya ibu harus cermat dalam memilih makanan. Karena ketika ibu salah memilih makanan bukan berdampak pada kesehatan ibu sendiri tapi juga mempengaruhi perkembangan janin.

7. Jangan Berenang di Tempat Pemandian Umum

Berenang merupakan aktivitas yang baik bagi kesehatan, tapi itu hanya untuk orang yang tidak hamil. Bagi ibu hamil justru berbahaya, terlebih lagi jika berenang dilakukan di pemandian umum.

Kolam renang atau pembandian umum memiliki produk senyawa kimia untik menjernihkan air, dan ini sangat berbahaya bagi janin yang sedang dikandung.

8. Bonus: Jangan Asal Minum OBAT

Ketika ibu hamil sakit, maka langkah yang paling tepat adalah pergi ke dokter kandungan. Jangan sembarangan mengkonsumsi obat saat hamil, obat-obat yang dikonsumsi tanpa resep dokter bisa berakibat buruk bagi kesehatan bayi.


Be the first to comment

Leave a Reply