Boleh Tidak Ibu Hamil Keluar Malam?

Keluar Malam

Kehamilan merupakan kodrat bagi seorang wanita (ibu) yang perlu disyukuri dan dijaga agar bayi yang ada di dalam kandungan berkembang dengan baik seperti ibu harus menjaga kesehatan dengan berolahraga ringan, makan-makanan yang mengandung gizi tinggi seperti buah dan sayur.

Wanita yang hamil akan mengalami banyak perubahan pada dirinya, mulai dari berat badan, nafsu makan, posisi tidur, rasa mual dan sebagainya. Namun yang terpenting, anda tidak boleh sakit karena kalau sakit jelas akan berpengaruh pada perkembangan bayi dalam kandungan.

Maka tak heran, jika ibu hamil itu banyak pantangannya. Apalagi ketika bertemu dengan orangtua yang masih kental dan percaya begituan, sangat banyak pantangannya seperti tidak boleh duduk ditengah pintu, tidak boleh makan dengan piring bentet (cuil), tidak boleh membunuh binatang, hingga tidak boleh keluar malam.

Nah, siapa yang pernah dapat nasihat atau larangan tidak boleh keluar malam saat hamil? hehehe

Saya termasuk orang yang pernah mendapat nasihat dari bude saya, kalau orang hamil itu ga boleh keluar malam. Saya bertanya kenapa? Jawabnya : Ya ga boleh, banyak jin (makhluk halus) yang berkeliaran katanya. 

Bener ga bener sih, tapi kalau alasannya karena banyak makhluk halus yang berkeliaran menurut saya tidak masuk akal. Mungkin kalau dari sisi kesehatan bisa diterima karena memang angin malam tidak baik bagi kesehatan, bukan hanya ibu hamil saja melainkan semua orang yang sering kena angin malam tentu akan terganggu kesehatannya.

Mungkin itu sih alasan yang cocok mengapa ibu hamil tidak boleh keluar malam?

Maka dari itu tergantung konteks nya, kalau keluarnya pakai Mobil menurut saya tidak masalah, keluarnya hanya dekat juga tidak apa-apa, tapi kalau keluar malamnya jauh apalagi menggunakan sepeda motor maka lebih baik jangan karena memang resiko nya besar.

Saya sendiri, jarang keluar malam kok. Paling kalau keluar hanya jarak 100 meter karena ingin beli mie ayam yang kebetulan jaraknya deket dari rumah jadi tak mengapa. Tapi kalau diajak keluar jarak jauh pakai motor, justru saya lebih sering menolak, bukan karena banyak jin yang berkeliaran tapi memang takut terjadi resiko dijalan.

Bagaimana jika ada lobang tak terlihat?

Bagaimana jika ada polisi tidur tak terlihat?

Bagaimana jika masuk angin / demam karena angin malam?

Bagaimana jika ternyata pulang nya hujan dan jalan licin?

dan masih banyak lagi pertimbangan yang memang dapat menjawab mengenai keluar malam bagi ibu hamil, apalagi jika keluar malam dengan jarak tempuh yang jauh dan menggunakan sepeda motor seperti yang telah saya paparkan diatas maka lebih baik tidak.

Bagaimana bunda, apakah sudah terjawab? dan memiliki kesimpulan sendiri?

Saya bantu simpulkan lagi ya, keluar malam itu tidak apa-apa menurut saya yang penting jarak nya tidak jauh, cukup jalan kaki sebentar sampai jika tujuannya ingin beli sesuatu diluar. Kalau memang ingin jauh dan pakai mobil pribadi juga tidak apa-apa, tapi jikalau pakai sepeda motor lebih baik tidak (istirahat saja dirumah). 😀


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*