Keputihan Saat Hamil Normal atau Bahaya

keputihan saat hamil 5 bulan
keputihan saat hamil 5 bulan

keputihan saat hamil 5 bulan

Perjuangan ibu hamil memang sangat luar biasa berbagai hal dialaminya dengan penuh semangat dan kesabar, mulai dari menghadapi rasa mual pada saat hamil muda bahkan sampai ada yang muntah, bolak-balik ke kamar kecil untuk buang air, kaki keram, punggung pegal hingga mengalami keputihan.

Disini saya mengalami semua itu saat hamil, termasuk hal yang paling dikhawatirkan oleh ibu hamil yaitu mengalami keputihan. Saya juga takut apa keputihan saat hamil ini normal atau berbahaya bagi diri saya dan janin yang saya kandung.

Tanpa berpikir panjang, karena keputihan yang cukup lama sejak kehamilan usia 5 bulan dan telah berubah hijau saya langsung pergi ke dokter spesialis kandungan tempat saya periksa rutin yaitu di apotik ika farma, bandar lampung dengan dr. Angelina. 

dr Angelina menjelaskan bahwa keputihan saat hamil itu normal, hampir setiap ibu hamil mengalami keputihan. Keputihan saat hamil biasanya karena faktor kebersihan yang kurang terjaga seperti air untuk mandi, tangan suami pegang area kemaluan, celana dalam yang kurang bersih, kurang minum, hingga sering menahan buang air kecil.

Setelah saya ingat-ingat, ada beberapa hal yang memang kurang diperhatikan termasuk sering menahan buang air kecil (pipis/kencing), karena memang tanggung untuk ke kamar mandi. Ibu hamil memang akan lebih sering pipis itu karena kantung kemih tertekan janin dan juga dipengaruhi hormon.

Untuk mengatasi dan menghindari keputihan saat hamil maka hindari beberapa poin yang telah disebutkan oleh dokter angelina di atas. Keputihan saat hamil dikatakan normal ketika masih bewarna bening / putih terang, tapi kalau sudah berwarna hijau bahkan berbau ini dapat berbahaya bagi janin karena bisa membuat kantung ketuban pecah.

Maka ketika mengalami keputihan yang abnormal (tidak normal) seperti sudah berubah warna dan berbau maka segera periksakan diri ke dokter sebelum terlambat. Dokter akan memberikan resep sebuah obat yang harus di minum dan obat yang dimasukan kedalam lubang kemaluan anda (obatnya namanya Fladystin).

Kesimpulan : Keputihan Saat Hamil

  1. Keputihan saat Hamil itu Normal
  2. Hampir Setiap Ibu Hamil mengalami Keputihan
  3. Dikatakan normal jika bewarna bening / putih
  4. Dikatakan tidak normal ketika berubah warna dan berbau.
  5. Hindari beberapa poin yang telah disebutkan diatas.
  6. yang paling penting adalah Jaga Kebersihan diarea kemaluan anda.
  7. Hindari penggunakan pembalut, pantiliner dan pembersih kewanitaan.
  8. Kurangi berhubungan suami-istri.

Baca Juga : Manfaat Minum Susu Saat Hamil


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*