Lewat HPL, Lakukan Beberapa Hal Berikut !

Lahir Lewat HPL
Lahir Lewat HPL

Ini merupakan kehamilan yang pertama sehingga membuat saya harus lebih banyak belajar dengan selalu bertanya-tanya kepada orang yang sudah berpengalaman seperti ibu kandung saya, ibu mertua saya, kakak kandung saya dan tetangga. 

Setiap bulan saya rutin memeriksakan diri ke dokter kandungan dan bidan untuk mendapatkan pencerahan soal kesehatan selama hamil. Ketika saya diperiksa menggunakan USG oleh dokter kandungan saya mendapatkan PR untuk banyak makan es krim karena berat badan bayi tidak sesuai dengan usia kandungan dan dokter memperkirakan HPL saya jatuh pada tanggal 27 Juni 2017.

Baca Juga : USG 36 Minggu

Sebelum HPL (20 Juni) saya memeriksakan diri ke bidan terdekat (karena kebetulan saya dan suami mudik lebaran), dan bidan mengatakan bahwa dapat melahirkan sebelum HPL atau lewat HPL atau tepat HPL jadi tidak perlu khawatir ketika lewat HPL, Akan tetapi ada batasnya, yaitu paling tidak 1 minggu lewat HPL.

Apabila lewat dari 1 minggu maka harus ambil tindakan, karena secara fungsi seperti plasenta (ari-ari), air ketuban, telah mengalami penurunan hal ini dikhawatirkan dapat berdampak buruk bagi kesehatan bayi.

Sudah lewat 2 hari dari HPL juga belum ada tanda-tanda untuk melahirkan. Memang sedikit takut, bagaimana jika lewat HPL lebih dari 1 minggu, kemungkinan saya bisa lahir caesar. Sayapun melakukan beberapa hal sesuai dengan saran dari bidan untuk bisa membantu segera melahirkan :

1. Jalan-Jalan Pagi

Bidan menyarankan untuk jalan-jalan pagi seperti biasanya, karena memang sejak hamil 8 bulan saya selalu jalan-jalan pagi ditemani suami. Hal ini dapat membantu menguatkan otot panggul dan melatih pernapasan sehingga oksigen dapat masuk dengan baik.

2. Berhubungan Intim

Bidan juga menyarankan untuk berhubungan intim, karena sperma yang dikeluarkan didalam dapat merangsang produksi hormon Oxytocin yang dapat memicu kontraksi rahim dan hormon prostagladin agar dinding rahim melunak dan membuka.

3. Beraktivitas seperti Biasa

Tetap beraktivitas seperti biasa seperti memasak, mencuci , beres-beres rumah (rumah mertua) dan pergi ke pasar. Sehingga ada kegiatan gerak yang bisa membantu melancarkan proses persalinan.

Suatu sore (HPL+3) saya dan suami pergi ke pasar untuk mencari perlak dan bak mandi bayi, muter-muter di pasar juga tak kunjung menemukannya hingga saya merasa lelah. Ternyata, pada malam harinya (tepatnya jam 10 malam) keluar rembesan air, sepertinya ini tanda akan melahirkan.

Saya langsung pergi ke bidan untuk periksa lagi, dan ternyata sudah bukaan 1. Bidan memprediksikan akan lahir pada pagi hari, sehingga saya dipersilahkan untuk pulang lagi dan bidan akan ke rumah setelah subuh.

Semalam saya ga bisa tidur merasakan sakit yang ga karuan, saya terus minta suami untuk mengelus-ngelus pinggang ketika rasa sakit datang, rasa sakit campur aduk datang dengan ritme waktu yang semakin lama semakin sering.

Selanjutnya silahkan Baca : Melahirkan lebih dari 4 hari dari HPL


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*