Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Cumi-Cumi?

makan cumi cumi saat hamil
makan cumi cumi saat hamil

Kehamilan merupakan sebuah proses yang harus dijalani oleh seorang wanita yang ingin memiliki anak, tentu hal ini menjadi sesuatu yang paling dinantikan terutama bagi mereka yang sudah lama menikah tapi belum hamil.

Oleh karena itu, ibu hamil memiliki kewajiban yang sangat penting yaitu menjaga kesehatan dengan memperhatikan nutrisi yang dikonsumsi, harus lengkap untuk kebutuhan perkembangan janin seperti asam folat, zat besi, kalsium, DHA dan lainnya.

Ibu hamil tak boleh sembarangan mengkonsumsi makanan apalagi makanan yang banyak mengandung MSG (micin), hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan janin.

Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Cumi-Cumi?

Cumi-cumi adalah hewan laut yang dapat dimasak untuk menghasilkan makanan yang lezat, sehingga tak heran jika banyak orang yang menyukai jenis ikan laut ini.

Ada juga ibu hamil yang ngidam makan cumi-cumi, tapi takut untuk memakannya.

Perlu anda ketahui, bahwa cumi-cumi menjadi salah satu hewan yang mengandung protein tinggi. Protein yang terkandung dalam cumi-cumi sangat dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi janin.

Tapi, cumi cumi juga memiliki kadar kolesterol yang tinggi, sehingga bagi ibu hamil yang memiliki riwayat penyakit kolesterol disarankan untuk tidak mengkonsumsinya karena dapat menganggu kesehatan.

Selain itu, cumi dilarang karena dikhawatirkan cumi-cumi yang anda konsumsi mengandung merkuri. Merkuri adalah sebuah kandungan metal berbahaya yang berasal dari limbah industri yang mencemari laut, dan tentu ini berbahaya bagi kesehatan.

Jika kesehatan ibu terganggu maka juga akan mempengaruhi kesehatan janin, yang tentunya akan menganggu perkembangan janin selama dalam kandungan.

Perlu diketahui juga bahwa cumi cumi juga dikenal sebagai makanan banyak mengandung bakteri yang dapat mengganggu kesehatan, namun jika cumi-cumi dibersihkan dan dimasak dengan matang maka akan terbebas dari bakteri tersebut.

Ibu hamil boleh saja makan masakan cumi-cumi, yang penting tidak terlalu banyak. Kalau hanya untuk mengobati rasa ingin atau ngidam saja maka tidak apa-apa, yang tidak boleh itu makan cumi setiap hari selama hamil.

Saya juga pernah makan cumi cumi saat hamil, tapi itupun bisa dihitung, karena saya melihat lebih banyak dampak negatif nya dibanding positifkan, sehingga saya khawatir terjadi hal yang tidak dinginkan terhadap janin yang sedang saya kandung.

Selain cumi-cumi, anda dapat mencoba mengolah masakan lain yang lebih banyak mengandung nutrisi, jangan terlalu sering makan cumi selama hamil untuk menghindari gangguan kesehatan yang disebabkan bakteri dan merkuri yang terkandung dalam cumi-cumi.

Semoga informasi ini bermanfaat!! tetap jaga kesehatan selama hamil. Banyak jenis makanan lain yang lebih aman dikonsumsi bagi ibu hamil, bahkan memiliki kandungan nutrisi yang lebih lengkap dibanding cumi-cumi.

Baca Juga: Vitamin Apa Yang Bagus Untuk Ibu Hamil?


Be the first to comment

Leave a Reply