Bolehkah Ibu Hamil Muda Makan Sate Kambing?

makan sate bagi ibu hamil

Kehamilan merupakan fase yang harus dilalui oleh setiap wanita yang telah menikah, kodrat ini akan mengantarkan kita untuk menjadi seorang ibu. Kita akan melewati masa kehamilan ini selama kurang lebih 9 bulan, janin akan terus tumbuh dan berkembang hinggar akhirnya dilahirkan.

Sesuatu yang kita makan akan sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin saat dalam kandungan, maka dari itu ibu hamil dituntut untuk selalu mengkonsumsi makanan dan minuman yang sehat. Seperti buah, sayur, daging, dan juga susu.

Karena didalam makanan tersebut mengandung banyak kandungan nutrisi yang dibutuhkan baik untuk ibu hamil maupun untuk janin. Seperti misalnya kandungan Asam Folat, apabila kebutuhan asam folat pada ibu hamil tidak tercukupi maka akan berdampak bahaya bagi bayi yaitu bayi terlahir cacat (bibir sumbing).

Bicara soal makanan sehat seperti yang disebutkan diatas tentu masing-masing memiliki manfaat bagi perkembangan janin. Kita contohkan saja “Daging” karena Daging memiliki kandungan yang sangat dibutuhkan bagi ibu hamil yaitu protein dan zat besi.

Protein berperan penting untuk pembentukan darah, cairan ketuban hingga sel-sel pada janin agar berkembang secara sempurna, tak hanya itu proten juga dapat berguna untuk membantu pertumbuhan jaringan otak. Sedangkan Zat besi berperan untuk untuk mengantarkan oksigen dan meningkatkan hormone serta mengurangi resiko anemia.

Makanan olah daging banyak sekali jenisnya, ada yang mengolahnya menjadi rendang, gulai, dendeng, semur, tongseng hingga yang paling umum dibuat adalah Sate. Sate biasanya dibuat dari bahan utama Daging Kambing, banyak sekali penjual sate yang bisa kita temukan di pinggir jalan.

Bolehkah Ibu Hamil Muda Makan Sate Kambing?

Tidak ada larangan khusus untuk ibu hamil tidak boleh makan Sate Kambing. Bahkan, saya sempat berkonsultasi dengan salah satu dokter kandungan. Sate Kambing boleh dimakan gak dok?. Dokter menjawab : Boleh, tapi dalam porsi yang sewajarnya (tidak berlebihan) dan pastikan Sate nya benar-benar matang.

Bener juga sih, sesuatu yang berlebihan memang tidak boleh. Begitu juga makan sate kambing bagi ibu hamil, tidak ada yang melarang. Tapi memang perlu diketahui bahwa, kebanyakan Sate yang dijual dipinggir jalan itu setengah matang, inilah yang menjadi alasan sate tidak boleh dimakan oleh ibu hamil, karena mengandung banyak bakteri tak hanya itu makanan yang dibakar diatas arang juga mengandung karbondioksida yang berbahaya untuk kesehatan.

Jika Ingin Sate, Lebih Baik Buat Sate Sendiri dirumah !

Demi keamanan dan kesehatan bayi yang sedang kita kandung, apabila ibu ingin makan Sate maka alangkah baiknya untuk membuat sate sendiri di rumah, minta bantuan suami untuk membuatkannya. Kalaubisa daripada Sate dibakar lebih baik di panggang saja untuk menghindari bahaya karbondioksida.

Oke bunda, demikian sharing pada hari ini mengenai boleh tidak nya makan sate bagi ibu hamil. Saya juga terkadang beli sate dipinggir jalan kalau tidak sempat membuat dirumah, saya bilang ke penjual satenya untuk di bakar matang karena saya sedang hamil dan merekapun mengerti.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*