Makanan Pengganti Susu Untuk Ibu Hamil

makanan pengganti susu ibu hamil

Banyak perubahan yang dialami oleh ibu hamil, yang paling umum adalah merasakan mual bahkan ada yang sampai muntah-muntah, belum lagi jika tidak suka dengan bau bumbu masakan. Jika ini terjadi biasanya ibu akan sulit untuk makan.

Padahal, ibu hamil dituntut untuk mencukupi kebutuhan nutrisi bagi dirinya dan janin yang ada didalam kandungannya. Apabila nutrisi atau gizi yang dibutuhkan tidak tercukupi maka bisa menghambat perkembangan dan pertumbuhan janin.

Contohnya: Kekurangan B9 atau Asam Folat, ini bisa menyebabkan bayi terlahir dengan cacat. Kekurangan Protein bisa menyebabkan janin tidak berkembang dengan baik, terutama pada kemampuan otaknya dan sebagainya.

Tentu kita tidak mau hal-hal tersebut terjadi pada anak setelah lahir, maka ibu dituntut untuk mencukupi kebutuhan nutrisi nya, termasuk ibu hamil dianjurkan untuk minum susu khusus ibu hamil yang telah diformula khusus untuk memenuhi kebutuhan ibu saat hamil.

Makanan Pengganti Susu Untuk Ibu Hamil

Saya mengerti, dari sekian banyak wanita hamil tentu ada yang tidak suka minum susu karena suatu alasan mungkin termasuk anda, sehingga mencari informasi mengenai makanan pengganti susu

Sebenernya, jika ibu hamil doyan makan atau makannya lahap maka tidak minum susu juga tidak apa-apa. Asalkan makanan yang dimakan oleh ibu hamil mengandung gizi yang dibutuhkan selama  masa kehamilan mulai dari protein, zat besi, vitamin, kalsium, asam folat, serat dan lain-lain.

Apakah anda yakin, makanan yang anda makan dapat mencukupi kebutuhan nutrisi selama hamil? Jangan sampai karena kelalaian kita dalam memilih makanan bisa berakibat buruk terhadap perkembangan janin.

Jika anda tidak suka minum susu maka perbanyak makanan berikut ini:

Untuk memenuhi kebutuhan kalsium maka anda dianjurkan untuk banyak makan sayur bayam, brooli, daging ayam, kacang almond, makan ikan-ikanan termasuk sarden, yougurt, susu kedelai, jus jeruk, dll.

Untuk memenuhi kebutuhan asam folat maka anda disarankan untuk mengkonsumsi sayuran hijau dan kacang-kacangan, buah alpukat dll. Baca Disini: Apa itu Asam Folat?.

Untuk memenuhi kebutuhan protein anda harus mengkonsumsi makanan yang terbuat dari olahan ikan atau kacang-kacangan seperti tempe, kemudian telur puyuh, udang dan masih banyak makanan yang lainnya.

Juga jangan lewatkan untuk selalu makan buah-buahan segar.

Dan selelah itu pastikan anda rutin mengkontrol kesehatan kandungan ke dokter khusus kandungan, dengan begitu anda dapat mengetahui perkembangan janin dari minggu ke minggu. Biasanya dokter akan memberikan tambahan suplemen makanan untuk melengkapi gizi ibu hamil.

Baca Disini: Folavit dan Promavit – Suplemen Makanan khusus untuk Ibu Hamil.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*