Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil dan Janin

manfaat air kelapa
manfaat air kelapa

Sebagai ibu hamil kita dituntut untuk bisa memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ibu dan juga janinnya, tentu tidak ingin hal-hal yang tidak diinginkan terjadi terhadap bayi yang kita kandung.

Maka dari itu sangat penting bagi ibu hamil untuk memperhatikan kesehatan selama menjalani proses kehamilan.

Semua makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh ibu hamil tentu akan sangat berpengaruh terhadap janin, untuk memenuhi kebutuhan nutrisi ibu hamil dianjurkan untuk mengkonsumsi buah-buahan.

Hampir semua jenis buah boleh dikonsumsi ibu hamil, termasuk salah satunya adalah buah kelapa muda (degan) karena buah kelapa memiliki manfaat tersendiri bagi ibu hamil.

Ketika mendengar yang namanya kelapa muda atau degan, kita sudah terbayang bagaimana segarnya air kelapa muda, apalagi diminum langsung dari buahnya.

Selama ini kelapa muda yang kita kenal ada 2 yaitu kelapa muda biasa dan kelapa hijau. Kelapa muda yang paling baik yaitu pada bagian dagingnya masih tipis dan belum terlalu tebal sehingga mudah untuk diserut dan dimakan.

Secara umum air kelapa muda bermanfaat untuk mengganti cairan tubuh yang hilang, juga mengandung elektrolit, potasium, vitamin C, sodium dan serat.

Jadi Apakah Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Hamil?

Berikut ini adalah beberapa manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil dan juga janin :

1. Mengandung elektrolit dan antioksidan, salah satu jenis mineral yang bisa membantu dalam mengembalikan cairan tubuh yang hilang adalah elektrolit.

Terutama bagi ibu hamil yang mengalami morning sickness, selama mengalami mual-mual akan banyak cairan yang terbuang.

Selain itu selama beraktivitas ibu hamil juga sering kelelahan dan bisa mengalami kekurangan cairan atau dehidrasi. Air kelapa muda juga mengandung antioksidan yang dapat membantu tubuh melawan penyakit dan melindungi tubuh ibu dan bayi dari infeksi.

2. Mencegah infeksi saluran kencing, Seiring bertambahnya berat badan janin yang semakin menekan kandung kemih, masalah yang sering dialami ibu hamil adalah sering sekali pipis.

Oleh karena itu banyak sekali keluhan ibu hamil yang mengalami infeksi saluran kencing. Naah…air kelapa muda ini merupakan diuretik alami yang dapat mencegah terjadinya infeksi saluran kemih (ISK).

3. Dapat mengatasi sembelit, pada umumnya ibu hamil sering mengalami masalah pencernaan seperti diare, sembelit, susah buang air besar maka air kelapa ini sangat membantu melancarkan fungsi pencernaan.

4. Melancarkan sirkulasi darah dan mengontrol kadar gula darah, dengan bertambahnya berat badan janin khususnya pada trimester 3 ibu hamil akan sering mengalami pegal-pegal dan nyeri. Hal itu dikarenakan tidak optimalnya sistem sirkulasi darah, dengan demikian suplai oksigen ke janin tidak akan cukup.

Dengan kandungan vitamin C, potasium, protein, kalium dan magnesium dalam air kelapa sangat bermanfaat untuk melancarkan darah ke suluruh tubuh dan meningkatkan kadar kolesterol baik didalam tubuh.

Selain itu air kelapa juga dapat mengontrol tekanan darah dan mengurangi resiko sroke dan hipertensi pada ibu hamil

5. Mempercepat pertumuhan janin, seperti poin diatas yaitu air kelapa dapat mengontrol tekanan darah dan mengurangi kadar gula dalam darah yang bisa mempengaruhi pertumbuhan janin maka air kelapa bisa membantu perkembangan janin didalam rahim secara efisien.

6. Meningkatkan metabolisme dalam tubuh, peran penting lainnya air kelapa yaitu membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh, karena kebutuhan metabolisme yang tinggi saat hamil.

Air kelapa muda tentunya sangat mudah di temui dan juga bisa sebagai pengganti air mineral, tapi ingat ya bun walaupun rasanya nikmat dan memiliki banyak manfaat, tetap saja air putih adalah minuman yang utama. Jadi dalam mengkonsumsi air kelapa jangan sampai berlebihan. 🙂