Manfaat Makan Buah Naga bagi Ibu Menyusui

Ibu menyusui dituntut untuk selalu mengkonsumsi makanan bergizi agar dapat memproduksi ASI yang berkualitas, tentu hal ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan bayi. Dengan memperbanyak makanan yang mengandung Vitamin dan Nutrisi maka bayi akan tumbuh lebih cerdas, pintar dan sehat.

Salah satu yang harus sering dikonsumsi Ibu menyusui adalah makan buah-buahan, hampir semua jenis buah boleh dimakan oleh ibu menyusui termasuk Buah Naga. Buah yang memiliki bentuk seperti naga dengan warna khas merah dan memiliki rasa manis dan lezat.

Buah naga sangat mudah di jumpai di pasar tradisional hingga supermarket, namun harga buah naga untuk di pasaran terbilang tinggi (mahal) karena mencapai Rp35.000 per kg. Padahal jika anda membeli langsung ke petani maka anda bisa membeli dengan harga Rp15.000 per kg (lebih hemat dan murah).

Saya telah merangkum beberapa manfaat makan buah naga bagi Ibu menyesui, kebetulan saya juga sekarang memiliki bayi yang baru lahir, saat ini anak saya (Fania) telah berumur 5 bulan. Setiap hari saya makan buah termasuk buah naga yang menjadi favorite saya.

Berikut Manfaat Buah Naga bagi Ibu Menyusui :

1. Membentuk Sel Darah Merah : Buah naga mengandung zat besi yang sangat tinggi, sehingga dapat membantu ibu menyusui untuk memproduksi sel darah merah sehingga terhindar dari penyakit anemia. Tentu ini juga akan membantu perkembangan sel darah pada anak.

2. Meningkatkan Kekebalan Tubuh : Ibu menyusui lebih sering terserang penyakit karena memang kekebalan tubuhnya menjadi turun. Maka dari itu, buah naga dapat membantu ibu menyusui agar tetap fit dan sehat sehingga bayi yang disusui juga akan menjadi kebal terhadap penyakit dan aktivitas menjadi lebih lancar.

3. Menjadi Sumber Vitamin A yang cukup untuk Ibu dan Bayi sehingga terhindari dari gangguan penyakit mata dan kulit. Buah Naga mengandung Vitamin A yang cukup tinggi, maka Ibu menyusui sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah naga setiap hari, boleh dimakan langsung atau dibuat jus.

4. Memberikan Energi yang Cukup : Selain makan Nasi, ibu menyusui juga perlu energi tambahan dari sumber lainnya. Buah naga juga bisa menjadi pilihan, dengan mengkonsumsi buah naga setiap hari, insyallah dijamin tubuh akan tetap kuat dan segar (tidak lemes).

Bukan hanya untuk ibu menyusui saja loh yang dianjurkan makan buah naga, tapi untuk ibu yang masih hamil juga penting untuk mengkonsumsinya. Disamping memberikan nutrisi dan energi ternyata buah naga juga memiliki antioksidan yang dapat menetralisir racun bahkan dapat mencegah sel kanker.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*