Apa Akibat Sering Menahan Buang Air Kecil Saat Hamil?

Apa Akibat Sering Menahan Buang Air Kecil Saat Hamil?
Apa Akibat Sering Menahan Buang Air Kecil Saat Hamil?

Saat ini aku sedang hamil anak kedua dan sudah menginjak usia 5 bulan banyak perubahan yang sudah saya alami.

Pada usia kehamilan trimester pertama yaitu 2-4 bulan, saya merasakan mual dan hilangnya nafsu makan. Terutama ketika menjelang malam hari, bawaannya ingin muntah.

Disaat mual dan tidak mau makan seperti itu, solusinya adalah banyak ngemil dan yang paling penting adalah minum susu khusus ibu hamil agar kebutuhan nutrisi janin terpenuhi.

Seiring bertambahnya usia kandungan dari minggu-ke-minggu, tentu janin perut akan semakin membuncit karena bayi yang ada didalam kandungan semakin besar.

Saat inilah dimana ibu hamil akan sering merasakan kebelet pipis terus, sebab kandung kemih tertekan janin yang semakin besar. Tapi tak hanya itu, ibu hamil juga lebih banyak memproduksi urine. (ini jawaban dokter).

Nah, ketika bunda sudah sering merasakan ingin buang air kecil (pipis) maka langsung dibuang saja ke toilet, jangan ditahan-tahan.

Perlu diketahui bahwa ibu hamil yang sering menahan buang air kecil maka dapat mengalami beberapa resiko. Tentu, resiko terhadap kesehatan ibu dan bayi yang sedang dikandung.

Sebenernya bukan hanya saat hamil saja, ketika tidak hamil pun tidak boleh menahan kencing karena bisa menyebabkan terjadinya infeksi saluran kemih (isk).

Apabila infeksi saluran kemih terjadi pada ibu hamil maka akan membahayakan kandungan, jika tidak segera di atasi maka bisa menyebabkan kematian bagi janin / bayi.

Maka dari itu, ibu hamil gak boleh menahan pipis ketika ingin buang air kecil.

Kebanyakan ibu hamil malas bolak-balik ke toilet, sehingga rela menahan pipis yang justru bisa berakibat buruk bagi kesehatan diri dan kandungannya.

Dulu, waktu saya hamil pertama, saya sering banget menahan pipis dan sampailah mengalami keputihan yang menurut dokter sudah lewat kewajaran, dan sangat membahayakan kehamilan. Namun, alhamdulillah berhasil sembuh.

Baca Disini : Keputihan saat Hamil

Sekian penjelasan yang bisa saya sampaikan untuk bunda yang sedang hamil. Intinya, jangan menahan pipis ya !! Semoga dapat bermanfaat dan memberikan inspirasi..


Be the first to comment

Leave a Reply