Cara Menambah Berat Badan Janin dalam Kandungan

Cara Menambah Berat Badan Janin dalam Kandungan
Cara Menambah Berat Badan Janin dalam Kandungan

Hal yang paling menyenangkan ketika setelah menikah adalah mengetahui hasil test pack yang menyatakan 100% hamil, itu artinya sebentar lagi kita akan menjadi seorang ibu dari bayi yang akan kita lahirkan. Begitulah yang saya rasakan pada saat itu. 

Saya telat 2 minggu setelah menikah 1 bulan, dengan menggunakan bantuan test pack Sensitif tampak secara jelas 2 garis pada stripnya, dan sayapun langsung pergi ke dokter kandungan untuk cek yang lebih akurat dan akhirnya saya dapat mengetahui bahwa saya hamil.

Minggu demi Minggu, Bulan demi Bulan telah dilalui, masuk pada usia 5 bulan saya selalu kontrol ke dokter untuk mengetahui perkembangan janin yang ada didalam kandungan. Saya pergi ke salah satu dokter kandungan yang buka praktek di Apotik Ika Farma, Wayhalim Bandar Lampung.

Biaya kontrol adalah Rp100.000 (belum termasuk obat), saat kontrol dokter selalu memantau perkembangan janin menggunakan USG. Kita dapat mengetahui ukuran lingkar kepala si dedek dan perkiraan berat badan janin. Namun, setiap saya kontrol selalu aja punya PR yaitu untuk meningkatkan berat badan janin karena belum sesuai dengan usia kandungan.

Baca Disini : Tabel Janin dalam Kandungan

Sayapun dianjurkan untuk makan sedikit-sedikit tapi sering dan makan es krim (kemasan kotak) untuk membantu meningkatkan berat badan bayi. Tak hanya itu, juga perlu didukung dengan minum susu khusus ibu hamil seperti prenagen serta buah-buahan yang mengandung karbohidrat seperti Alpukat, Pisang.

Selama masa kehamilan, kita harus banyak minum air putih agar tidak dehidrasi baik bayi maupun ibu. Dan pastikan istirahat yang cukup agar ibu dan bayi tetap dalam kondisi sehat dan prima untuk melewati perjuangan selama 9 bulan. Yang paling penting juga rajin mengkonsumsi suplemen makanan yang dianjurkan dokter seperti Folavit, Promavit dan sebagainya agar kebutuhan asam folat tercukupi.

Alhamdulillah, berat badan janin terus meningkat mendekati sempurna. Memang masalah seperti ini, sering kali dialami oleh ibu hamil. Tapi, tidak perlu khawatir karena perubahan berat badan bayi akan lebih cepat ketika usia kandungan 7-9 bulan.

Lebih baik, berat badan bayi kurang dan kita bisa menambahnya dengan cara yang saya sebutkan diatas daripada berat badan bayi terlalu berlebih dan kita sulit untuk menurunkannya. 

Idealnya, berat badan bayi saat dilahirkan adalah mulai dari 2,9 Kg sampai 3,6 Kg. Rata-rata berat untuk bayi laki-laki dari usia kehamilan 37 minggu hingga 41 minggu yaitu antara 3 Kg sampai 3,6 Kg. Sedangkan berat badan bayi perempuan yaitu kisaran 2,9 kg hingga 3,4 Kg.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*