Minum Yakult saat Hamil untuk Melancarkan Buang Air Besar

Minum Yakult Saat Hamil

Banyak perubahan yang dialami oleh wanita yang sedang hamil, mulai dari bentuk fisik, hormon dan beberapa fungsi organ tubuh termasuk sistem pencernaan. Bagian sistem pencernaan yang paling sering mengalami gangguan adalah bagian usus, sehingga sulit buang air besar..

Saya juga mengalami hal tersebut saat usia kehamilan telah menginjak 6 bulan. Saya sering mengalami susah buang air besar/sembelit, yang tentunya membuat perut terasa tidak nyaman. Selain itu apabila terus dibiarkan (tidak segera diatasi) maka kotoran didalam usus akan menumpuk yang pastinya juga akan mengganggu dan berdampak negatif calon bayi.

Berdasarkan informasi yang saya dapat dampak negatif terhadap janin yang ada didalam kandungan yaitu bisa menyebabkan kontraksi ketika kita terlalu kuat mengejan saat buang air besar. Salah satu satu solusi nya yaitu dengan minum Yakult.

Yakult merupakan salah satu minuman yang bisa memperlancar buang air besar khususnya pada saat hamil. Minuman ini yang dapat melancarkan sistem pencernaan ini bisa kita dapatkan dengan membelinya di minimarket.

Sudah banyak orang yang telah mempercayakan yakult sebagai minuman yang bisa mengatasi masalah sembelit atau kesulitan buang air besar, termasuk saya . Alasannya karena yakult mengandung prebiotik baik yang manfaatnya bisa mengurangi sumbatan akibat makanan yang sulit kita cerna.

Mulanya saya masih ragu tapi kebetulan tetangga sebelah rumah saya juga sedang hamil anak kedua, dia juga mengkonsumsi yakult. Tentunya sudah pengalaman.  Jadi saya yakin minum yakult aman untuk ibu hamil. Dan alhamdulillah sekarang  buang air besar saya jadi semakin lancar.

Selain untuk melancarkan sistem penceranaan (dalam hal ini adalah buang air besar) ternyata ada juga beberapa manfaat lain yang dapat dirasakan ibu hamil dengan mengkonsumsi yakult untuk ibu hamil.

Manfaat Minum Yakult Lainnya :

  1. membantu meningkatkan kekebalan tubuh
  2. mengontrol bakteri jahat
  3. mengurangi kadar racun dalam tubuh
  4. meminimalisir bakteri jahat yang ada pada tubuh.
  5. keseimbangan flora usus.

Pada satu botol yakult memiliki 6,5 sampai 8 miliar bakteri baik yang bernama lactobacillus shirota yang memiliki peranan penting untuk memerangi bakteri jahat yang merugikan tubuh ibu hamil. Saya minum yakult ini 1 kali dalam 2 hari. 

Selain yakult, mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi (seperti buah dan sayur hijau) juga bisa memperlancar buang air besar dan perbanyak minum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter perhari, karena kekurangan air putih juga bisa menyebabkan sulit buang air besar/sembelit.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*