Obat Batuk yang Aman untuk Ibu Hamil

Obat Batuk yang Aman untuk Ibu Hamil
Obat Batuk yang Aman untuk Ibu Hamil

Banyak hal yang dialami oleh ibu hamil yang terkadang membuat suatu kekhawatiran terhadap bayi yang sedang dikandung. Sering kali ibu hamil mengalami gangguan kesehatan seperti demam, muntah, pusing , pilek dan batuk.

Ketika kita mengalami sakit disaat hamil, maka kita tidak boleh sembarangan minum obat (apalagi obat-obatan warung seperti aspirin, komix, dll), dikhawatirkan akan berdampak buruk pada janin yang ada dalam kandungan maka sangat dianjurkan untuk berobat dan berkonsultasi dengan dokter khusus.

Saat hamil kita memang perlu rutin berobat ke dokter atau bidan setiap bulan (atau bisa ikut posyandu) agar kesehatan kita dapat terkontrol. Kalau saya lebih nyaman berobat ke dokter spesialis kandungan, kalau ada kendala dengan biaya bisa pakai BPJS kok.

Kembali ke topik pembahasan kita yaitu mengenai gangguan kesehatan pada ibu hamil. Jika anda saat ini sedang hamil dan mengalami batuk maka anda perlu membaca artikel saya ini sampai selesai. 

Batuk merupakan sebuah gejala dari penyakit lain, biasanya terjadi karena flu, peradangan pada tenggorokan, terkena debu, asap, dan sebagainya. Batuk yang berlebihan sampai ter uhuk-uhuk dapat mengganggu dan getarannya bisa sampai bagian perut.

Untuk meredakan batuk yang sedang kita alami saat hamil, maka sebaiknya bunda jangan dulu keluar rumah (berdiam dirumah) untuk beristirahat dan terapkan pola hidup sehat dengan tidur yang cukup dan jangan stress. Selanjutnya untuk meredakan dan menyembuhkannya bisa minum obat yang aman untuk kandungan.

Obat batuk yang aman untuk ibu hamil adalah Paracetamol (dengan dosis yang dianjurkan dokter/bidan), selanjutnya adalah Madu. Madu merupakan bahan alami yang memiliki khasiat untuk mengatasi batuk saat hamil. Cukup minum 1 sdm sebanyak 3x sehari. 

Tips untuk Menringankan Batuk :

  1. Mandi dengan Air Hangat.
  2. Berkumur Air Garam Hangat
  3. Minum Teh yang rendah Kafein dicampur Madu.
  4. Gunakan Bantal saat tidur dengan posisi kepala lebih tinggi.

Demikian informasi yang dapat saya sampaikan, insyaAllah masalah batuk yang sedang bunda alami dalam perjuangan mengandung si buah hati dapat berjalan dengan lancar. Jaga kesehatan bundan dan selalu konsumsi makanan yang bergizi agar kebutuhan nutrisi dan gizi terpenuhi dengan baik khususnya asam folat.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*