Obat Sakit Gigi yang Aman untuk Ibu Menyusui

Asam Mefenamat

Ketika seorang ibu menyusui menderita sakit gigi maka sebaiknya tidak sembarangan mengkonsumsi obat karena dikhawatirkan akan menyebabkan efek samping yang dapat mengganggu kesehatan bayi. Maka dari itu, pastikan untuk meminum obat sakit gigi yang aman untuk ibu menyusui. 

Ketika sakit gigi datang memang membuat kita tidak nyaman untuk melakukan sesuatu, tentu ini sangat mengganggu. Ketika sakit gigi datang, males rasanya melakukan apa-apa terkadang untuk menyusui bayi menjadi kesulitan karena harus sambil merasakan sakit.

Untuk mengurangi rasa nyeri pada gigi berlubang pada saya, biasanya saya berkumur dengan air hangat yang telah dicampur dengan larutan garam atau kompres dengan air dingin. Namun terkadang rasa nyeri tak kunjung hilang, yang mengharuskan saya untuk mengkonsumsi obat.

Bagi orang yang tidak menyusui mungkin bisa minum obat apa saja, namun ketika sedang menyusui seperti saya maka perlu waspada dan berhati-hati ketika membeli obat. Tentunya harus memilih obat yang aman untuk ibu menyusui agar tidak mengganggu kesehatan bayi.

Berikut beberapa obat sakit gigi yang direkomendasikan untuk ibu menyusui, obat-obat ini aman untuk diminum berdasarkan informasi yang telah saya baca di halaman alodokter.com , dan sayapun memberanikan untuk meminumnya.

1. Paracetamol

Obat ini merupakan salah satu obat yang aman diminum bagi ibu menyusui ketika sedang sakit gigi, tentunya diminum dengan dosis yang sesuai. Dengan minum paracetamol, rasa nyeri yang dirasakan dapat berkurang.

Anda bisa membeli paracetamol di Apotik-Apotik terdekat dan sebaiknya konsultasikan dulu ke ahli apoteker disana, berapa anjuran dosis yang harus di minum. Ketika tak kunjung reda sakitnya lebih baik pergi ke dokter spesialis gigi untuk penanganan lebih lanjut.

2. Asam mefenamat

Ketika anda sedang menyusui dan menderita sakit gigi, maka anda bisa minum Asam Fenamat, saya lebih cocok dengan obat ini. Sakit gigi yang dirasakan dapat hilang, disamping itu juga aman diminum untuk anda karena asam mefenamat ini tidak menimpulkan efek samping pada bayi yang sedang disusui.

3. Juga Minum Antibiotik

Sakit gigi juga bisa disebabkan oleh infeksi bakteri maka perlu juga pemberian antibiotik, beberapa antibiotik yang aman untuk ibu menyusui seperti amoxicillin, cefadroxil, dan erythromycin. Mengkonsumsi ini harus sesuai dengan dosis yang tepat agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya karena setiap obat jika dosis nya berlebihan akan berakibat fatal.

4. Obat Tetes Dentasol

Ini hanya sebagai tambahan saja, kalau poin 1 sampai 3 adalah obat yang penanganannya dari dalam. Maka anda juga bisa mencoba dengan obat luar seperti Dentasol. Ikuti anjuran sesuai yang tertera didalam kemasan. (Jangan ditelan).


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*