Pantangan Makanan Ibu Hamil Terutama Hamil Muda

Pantangan Makanan Ibu Hamil
Pantangan Makanan Ibu Hamil

Agar bisa tetap bertahan hidup semua manusia membutuhkan makanan, namun kita juga harus pintar dalam memilih makanan. Makanan yang harus kita makan tentu mengandung gizi dan nutrisi yang cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Makanan bergizi sangat penting untuk kita makan, kita makan bukan hanya sekedar kenyang melainkan juga memperhatikan kesehatan, agar tubuh tetap sehat, terlebih lagi bagi ibu hamil. Ibu hamil dituntut untuk mengkonsumsi makanan bergizi lengkap.

Sebab selama kehamilan, ibu hamil membutuhkan nutrisi yang cukup agar tetap fit dan nutrisi yang terkandung disetiap makanan yang dimakan juga berperan penting dalam perkembangan janin didalam kandungan, maka dari itu jangan sembarangan memakan sesuatu.

Sering kali kita mendengar dari mulut ke mulut mengenai pantangan makanan bagi ibu hamil, tentu ada alasannya. Maka dari itu, saya tertarik untuk menyampaikan informasi ini untuk anda. Dan sayapun sangat selektif dalam memilih makanan saat sedang hamil.

Berikut ini adalah beberapa makanan yang tidak boleh dimakan oleh ibu hamil, terutama bagi ibu hamil muda. Karena memiliki kandungan yang berbahaya dan beresiko terhadap kesehatan ibu dan janin.

1. Makan Daging yang masih Mentah

Ibu hamil terutama hamil muda tidak disarankan untuk mengkonsumsi daging yang masih mentah atau setengah matang mulai dari seafood, daging sapi, daging unggas dan semua jenis daging.

Ini juga yang menjadi alasan mengapa ibu hamil jangan makan sate dikhawatirkan masih setengah matang. Ibu hamil harus bisa menghindari daging mentah atau setengah matang karena memiliki resiko kontaminasi dengan bakteri, seperti bakteri coloform, salmonella, dan toksoplasmosis.

2. Ikan dengan Cara diasap

Ibu hamil tidak diperbolehkan makan ikan asap, jika anda melanggarnya maka akan beresiko terhadap kesehatan anda dan bayi yang ada dalam kandungan. Perlu anda ketahui bahwa ikan asap bisa saja terkontaminasi dengan listeria, listeria bisa menginfeksi janin dan dapat mengancam jiwanya.

Tak hanya itu, ikan asap juga mengandung karbondiosida yang tinggi yang tentunya ini sangat tidak baik bagi kesehatan, apalagi dimakan pada saat sedang hamil. Sebaiknya hindari makan ikan asap untuk menjaga kesehatan.

3. Telur Mentah atau Setengah Matang

Telur yang masih mentah atau setengah matang berpotensi terinfeksi bakteri salmonella yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan, maka dari itu ibu hamil sebaiknya tidak makan telur mentah atau setengah matang.

Kalaupun anda ingin makan telur, alangkah baiknya telur ayam kampung. Karena telur ayam kampung mengandung protein yang sangat baik dibandingkan telur ayam ras. Protein sangat dibutuhkan untuk mencerdaskan otak si kecil nantinya.

4. Susu yang Tidak dipasteurisasi

Ibu hamil memang sangat dianjurkan memenuhi kebutuhan nutrisi nya dengan minum susu, tapi bukan susu yang tidak dipasteurisasi. Hal ini dapat berakibat keguguran, karena susu tersebut dapat terkontaminasi bakteri listeria.

Maka dari itu jika anda ingin minum susu maka lebih baik minum susu khusus ibu hamil, saya pernah menjelaskan beberapa jenis susu yang baik untuk dikonsumsi seperti susu anmum materna, susu prenagen mommy, susu lactamil pregnasis dll.

5. Sayuran Mentah atau Lalapan

Makan sayur-sayuran sangat baik untuk ibu hamil, tapi bukan sayur yang masih mentah dimakan begitu saja (lalapan). Sebaiknya masak terlebih dahulu, atau paling tidak direbus untuk menjadi kulup. Memperbanyak makan sayur dapat melancarkan sistem pencernaan dan memenuhi kebutuhan nutrisi zat hijau dan lainnya.

6. Hindari Kafein

Meskipun ada beberapa penelitian menyatakan bahwa kafein tidak membahayakan bagi ibu hamil, namun ada penelitian lain menyatakan bahwa asupan kafein dapat beresiko terjadi keguguran. Daripada terjadi sesuatu yang tidak diinginkan maka hindari makan makanan yang mengandung kafein seperti kopi, coklat dll.

7. Makanan mengandung Mercury

Beberapa makanan mungkin memiliki kandungan mercury seprti ikan, kerang, king mackerel, cumi-cumi atau lainnya. Kandungan mercury dapat menyebabkan kerusakan otak janin maka dari itu hindari makanan tersebut sebelum terlambat.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*