Dapat Telp dari Penipu Mengatasnamakan Gojek

kode verifikasi rahasia
kode verifikasi rahasia

Pada suatu hari tepatnya pada pukul 11.00 pagi, saya menerima telp dari nomor +62816416522 yang menyebutkan bahwa dirinya dari kantor gojek pusat.

Dalam percakapan telp ia mengatakan bahwa akun gojek saya mendapatkan hadiah uang tunai sebesar Rp2 juta yang bisa di uangkan dengan cara di transfer ke rekening pribadi atau dikirim menjadi saldo gopay.

Seketika itu, saya langsung curiga bahwa orang yang menghubungi saya melalui telp bermaksud ingin melakukan penipuan terhadap saya, hingga kemudian saya tidak menanggapi terlalu serius.

Penipu menggunakan kata-kata layaknya seorang Customer Service yang melayani pelanggannya. Dan meminta saya untuk mengecek apakah ada sms masuk dari gojek berupa kode verifikasi.

Memang ada sms masuk dari Gojek berupa 4 digit kode verifikasi, dalam sms gojek tersebut tertulis jangan serahkan kode tersebut kepada orang lain. Karena kode tersebut adalah kode reset login.

Modus yang dilakukan Penipu: 

Penipu berupaya untuk login ke akun gojek yang kita miliki dengan memasukan nomor hp kita, karena terdapat verifikasi keamanan gojek mengirimkan kode verifikasi melalui sms ke nomor kita.

Untuk bisa mendapatkan kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor hp kita maka penipu menghubungi kita dengan mengatasnamakan sebagai pegawai gojek yang mengatakan bahwa kita mendapatkan hadiah uang tunai.

Agar hadiah bisa di cairkan baik melalui transfer atau saldo gopay maka penipu meminta kita untuk menyebutkan kode verifikasi yang dikirimkan gojek tersebut untuk mencocokan data.

Jangan berikan kode tersebut kepada penipu tersebut, karena ketika penipu mendapatkan kode tersebut maka secara otomatis maka penipu akan bisa login ke dalam akun gojek yang kita miliki.

Mengapa Penipu berniat masuk ke Akun Gojek?

Penipu berusaha masuk ke akun gojek milik kita (calon korban) dengan harapan akun gojek yang kita gunakan memiliki Saldo Gopay yang banyak, dengan begitu mereka bisa menggunakan saldo gopay tersebut mengisi pulsa atau yang transaksi digital lainnya.

Ketika saya tidak memberikan kode tersebut dan menolak tawaran hadiah yang disebutkan, kemudian penipu langsung berkata-kata kasar hingga menyebut nama-nama binatang.


Be the first to comment

Leave a Reply