Perjalanan dari Kediri ke Bali Naik Bus Gunung Harta

Dalam rangka bulan madu (heleh..) aku pergi jalan-jalan sekaligus silaturohim ketempat saudara bersama suami, tepatnya setelah 1 bulan menikah. Rute perjalanan kami mulai dari Lampung, Kediri, Malang, Bali dan Lombok.

Kota yang pertama kami kunjungi yaitu kota Kediri yang kebetulan disana saya punya paman jadi bisa sekaligus menginap disana untuk beberapa hari sebelum melanjutkan perjalanan ke Bali, kami pun sempatkan silaturrahim ke Tulung Agung dan kota Malang karena ada beberapa saudara juga disana.

Setelah kami rasa cukup kami pun melanjutkan perjalanan menuju Denpasar. untuk bisa sampai disana kami menggunakan bus antar kota yaitu bus gunung harta yang melayani rute perjalanan dari Kediri-Denpasar. Kami membeli tiket langsung dari loket resmi yang berada di Jl. Letjend Suparman Kediri.

Kamipun  langsung memesan tiket bus gunung harta  dan langsung melunasi pembayaran dengan tarif perorangan Rp 240.000,- jadi total yg kami bayar yaitu Rp 480.000,- (untuk aku dan suami).

Pemesanaan tiket bus gunung harta bisa dilakukan beberapa hari sebelum keberangkatan, jika ingin mendapatkan tempat duduk diposisi depan maka jauh-jauh harilah memesannya(3-5 hari sebelum keberangkatan). Saat itu kami mendapatkan tiket nomor  3A dan 3B, karena diposisi depan yaitu 1A dan 1B sudah di tempati orang lain.

Keberangkatan kami dari Kediri yaitu pukul 13.00 WIB dan melewati berbagai kota seperti  Jombang, Mojokerto, Pasuruan, Sitobondo, dan lain-lain hingga sampai ke Banyuwangi untuk menyebrang selat bali (antara pelabuhan ketapang dan gilimanuk).

Selama perjalanan kami mendapatkan konsumsi snack + minuman (didalam bus) dan makan malam di kota banyuwangi waktu itu sekitar pukul 21.30 WIB. Fasilitas lain yang diberikan oleh bus gunung harta yaitu  AC, TV Musik, Toilet, Selimut, Bantal, Kursi yang bisa dinaikan dan turunkan, dan Sandaran Kaki. Sehingga perjalanan jauh pun tetap nyaman…

Kemudian bus gunung harta melanjutkan perjalanan hingga sampai ke pelabuhan ketapang(Banyuwangi) menuju pelabuhan Gilimanuk(Bali). Penyebrangan tidak terlalu lama hanya memakan waktu sekitar 15 menit saja.

Perlu diingat saat memasuki kawasan kota Bali ada pemeriksaan KTP di Pelabuhan Gilimanuk, jadi ketika hendak melakukan perjalanan ke Bali persiapkanlah KTP kamu terlebih dahulu, dan KTP yg berlaku yaitu e-KTP. Jika sampai tidak membawa e-KTP maka tidak diperbolehkan melanjutkan perjalanan dan di pulangkan ketempat asalnya.

Rute perjalanan terakhir bus gunung harta yaitu di terminal Ubung Bali, dibutuhkan waktu sekitar 4 jam dari pelabuhan Gilimanuk. Kami tiba tepat pukul 05.00 WITA. perjalanan yang cukup panjang  yaitu kurang lebih selama 14 jam.