Posisi Tidur Bayi Usia 0-3 Bulan yang Baik

Posisi Tidur Bayi Usia 0-3 bulan
Posisi Tidur Bayi Usia 0-3 bulan

Memiliki seorang bayi memang sangat menyenangkan, apalagi ketika melihatnya tidur tampak begitu menggemaskan. Bayi memang kerjaannya hanya tidur sepanjang hari khususnya bagi bayi yang baru lahir. 

Bicara soal tidurnya seorang bayi, bayi akan tidur ketika dia mengantuk, perutnya dalam kondisi kenyang serta popoknya yang kering. Tidurkan bayi ditempat khusus, jangan tidur satu tempat dengan orangtuanya hal ini salah satu tips agar bayi bisa tidur nyenyak.

Jika anda memiliki bayi yang baru lahir (usia 0-3 bulan) maka tidurkanlah dalam posisi yang baik, posisi tidur yang baik untuk bayi usia 0-3 bulan adalah posisi terlentang. Kita juga boleh memposisikannya tidur tengkurap atau miring namun harus dalam pantauan (bukan untuk tidur lama), ini dilakukan untuk menstimulus bayi saja.

Perkembangan motorik kasar dan halus bayi usia 0-3 bulan belum sempurna, sehingga ia hanya bisa tidur terlentang. Tidur dengan posisi yang baik akan membuat bayi anda memiliki tidur yang berkualitas, Bayi usia 0-3 bulan sering tidur yaitu selama 16-20 jam perhari.

Baca Juga : Bayi tidur pakai bantal atau tidak?

Jika usia bayi sudah menginjak 3 bulan lebih maka sudah bisa tidur dengan model yang lain seperti miring dan tengkurap karena di usia tersebut bayi sudah dapat membolak-balikan badannya sendiri dan juga sudah kuat mengangkat kepalanya.

Namun perlu diketahui, jika jantung bayi anda lemah maka tidur tengkurap sebelum usia 12 bulan keatas tidak direkomendasikan karena hal ini dapat memicu terjadi nya SIDS (kematian mendadak), konsultasikan kepada dokter apakah bayi anda boleh tidur tengkurap.

Posisi tidur tengkuran dapat membuat bayi tidur nyenyak karena merasa lebih nyaman, dan tidur tengkurap biasanya dapat membuat bentuk kepala bayi bundar sempurna. Sedangkan posisi miring bermanfaat untuk mempermudah proses pengosongan lambung, namun jangan lupa untuk rutin merubah posisi miring ke kanan dan kekiri.

sumber : infobayi.co.id


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*