Posisi Tidur Yang Aman Untuk Ibu Hamil Muda

Posisi Tidur Miring Kiri untuk Ibu Hamil
Posisi Tidur Miring Kiri untuk Ibu Hamil

Banyak wanita terutama bagi calon ibu baru mengeluh sulit tidur pada awal masa kehamilannya. Berbagai alasan mereka katakan mulai dari mual, kram, sakit punggung dan sebagainya. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman kepada bunda mengenai posisi tidur yang aman untuk ibu hamil muda.

Pada masa kehamilan hormon seorang wanita mengalami banyak perubahan terutama naiknya kadar hormon progesteron, meningkatnya hormon ini dapat menyebabkan wanita menjadi lebih mudah mengantung dan sangat lelah setelah beraktivitas.

Tak ada solusi lain, ketika ibu hamil mengalami kelelahan atau bahkan sampai menimbulkan rasa mual, muntah, dada seperti terbakar, sakit punggung dan kram maka harus segera pergi beristirahat. Beristirahat yang paling baik adalah tidur.

Posisi Tidur Ibu Hamil Muda yang Aman

Namun, ketika ingin tidur ibu hamil harus mengerti posisi yang baik dan aman. Berikut ini adalah posisi tidur yang aman dan bisa anda coba :

Tidur Miring ke sisi Kiri

Posisi Tidur Miring Kiri untuk Ibu Hamil

Ketika anda hendak pergi beristirahat atau tidur, maka berposisilah yang aman yaitu dengan tidur miring ke kiri (itu artinya bagian kanan ada dibagian atas). Selanjutnya tekut lutut sambil menggapit bantal  guling agar lebih nyaman. Posisi tidur seperti ini dapat meningkatkan jumlah aliran darah dan nutrisi ke plasenta, tempat janin anda berada.

Posisi seperti ini bukan posisi yang mutlak dan harus dilakukan terus-menerus, anda dapat merubah posisi tidur yang menurut anda nyaman, yang penting bukan posisi tengkurap. Posisi tengkurap atau posisi terlentang merupakan posisi yang sangat membahayakan bagi ibu hamil dan janin, sehingga perlu dihindari.

Pada saat tidur, anda dapat meletakan bantal dibagian tubuh bagian atas (dada hingga kepala) agar dapat meringankan dada. Letakan juga bantal di bawah perut anda, untuk menghindari rasa sakit pada bagian punggung.

Jangan sampai ibu hamil terlalu lelah atau kurang tidur karena hal ini sangat bisa membahayakan kesehatan janin. Dengan menerapkan posisi tidur yang aman dan baik untuk ibu hamil muda maka akan membantu mengatasi masalah tersebut, semoga informasi ini dapat membantu ya!


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*