Posisi tidur yang Baik Untuk Ibu Hamil

Posisi Tidur Ibu Hamil yang baik
Posisi Tidur Ibu Hamil yang baik

Menjaga kesehatan ibu hamil dan janin memang menjadi kehawatiran tersendiri. Dimulai dari makan, minum, hingga kegiatan sehari-hari lainnya tentu berbeda dari sebelum kita hamil. Ada beberapa mungkin yang harus dihindari dan mengurangi aktivitas tersebut demi menjaga janin yang dikandungnya beserta ibunya agar tetap sehat.

Salah satu kekhawatiran bagi seorang ibu hamil yaitu posisi tidur, apakah bayinya akan merasa nyaman dan aman? Dengan bertambahnya berat janin yang dikandung tentu tidur bunda semakin tidak nyaman dan menjadi serba salah, terlebih lagi untuk mengubah posisi tidur juga semakin sulit.

Apalagi jika kehamilan bunda merupakan kehamilan yang pertama , tentu para bunda masih bingung harus tidur dengan posisi yang seperti apa sehingga mengharuskan kita untuk banyak-banyak mencari informasi dengan tanya-tanya kepada orang terdekat seperti orang tua, mertua, kakak, atau bila perlu tanyakan kepada ahlinya yaitu bidan/dokter kandungan.

Apabila bunda tidur dengan posisi yang salah maka akan beresiko mengalami gangguan kesehatan seperti nyeri otot, pembengkakan kaki, mendengkur, penurunan tekanan darah atau meningkatnya tekanan darah. Maka dari itu bunda harus selalu memperhatikan posisi tidur yang baik.

Karena wajar ya bun seorang ibu khawatir terhadap bayi yang sedang dikandung, apakah bayi yang didalam kandungan merasa nyaman atau berbahaya?.

Berdasarkan pengalaman saya saat hamil bayi pertama saya, tentu hal tersebut sudah saya perhatikan sejak awal. Banyak yang menganjurkan kalau posisi tidur yang baik bagi ibu hamil yaitu miring ke sebelah kiri.

Hal tersebut bertujuan agar sirkulasi darah menjadi lancar,membuat bagian perut (abdomen) lebih nyaman dan tidak menekan organ hati yang berada disebelah kanan, bisa mengurangi pembengkakan pada pergelangan kaki dan tangan, posisi miring kekiri juga bisa membantu ginjal bekerja lebih leluasa dalam membersihkan zat sisa dan cairan dari tubuh. Karena jika ginjal menahan cairan dan zat sisa, maka ibu hamil bisa mengalami edema(penumpukan cairan dalam tubuh).

Tapi setelah saya konsultasi dengan dokter kandungan langganan saya yaitu dr. Angelina mengenai kesehatan kandungan termasuk posisi tidur saat hamil. Beliau menyarankan jangan terlalu khawatir atau memusingkan terhadap posisi tidur yang baik/sehat. Tidurnya senyamannya aja, boleh miring kanan, boleh miring kiri, juga boleh telentang asal kakinya ditekuk ke atas. Karena memang benar ya bun, ibu hamil itu tidak betah untuk berlama-lama dalam satu posisi.

Alhamdulillah selama saya hamil tidak ada pembengkakan pada kaki ataupun tangan dan hingga melahirkanpun saya dan bayi saya dalam keadaan sehat… 🙂


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*