Posisi Tidur yang Aman untuk Ibu Hamil 5 Bulan

Posisi Tidur yang Aman untuk Ibu Hamil

Menjadi ibu hamil memang butuh perjuangan yang besar, banyak hal-hal sulit yang harus dilewati. Pada usia kehamilan 1-3 bulan, saya mengalami mual dan muntah sehingga sulit untuk makan. Badan menjadi lemas ketika kekurangan asupan makanan, tapi untungnya saya masih bisa minum susu ibu hamil.

Susu yang saya minum pada saat itu adalah Prenagen dan Lactamil dengan rasa Vanila. Keduanya dapat dibeli di Indomaret atau Alfmart dengan harganya yang terjangkau, tersedia kemasan 200 gr, 400gr. Susu ibu hamil saya minum setiap pagi dan sore.

Ketika usia kehamilan masuk 5 bulan keatas nafsu makan sudah normal bahkan lebih banyak dari biasanya, berat badanku dan bayi terus bertambah. Hanya saja, kita akan mengalami kesulitan saat tidur. Sudah tidak lagi bebas dalam posisi tidur, karena kalau salah dapat berbahaya untuk bayi.

Berikut ini adalah Posisi Tidur Ibu Hamil yang Aman : 

Ketika anda sudah memasuki usia kehamilan 5 bulan maka anda tidak boleh tidur terlentang dan tengkurap. Jika tidur dalam posisi terlentang maka akan menyebabkan sesak napas dan aliran darah menjadi terhambat dan tentunya ini berbahaya untuk bayi dan ibu hamil, maka dari itu ketika hamil kita perlu tidur yang baik dan benar.

1. Tidur Posisi Miring

Posisi tidur ini sangat dianjurkan untuk ibu yang sedang hamil 5 bulan, ini posisi yang aman dan nyaman. Namun lebih baik lagi jika tidur miring kekiri, karena dapat membuat aliran darah dan nutrisi berjalan dengan lancar. Pada posisi ini ginjal ibu menjadi lancar sehingga dapat bekerja dengan baik.

Walaupun miring kiri lebih dianjurkan, bukan berarti miring ke kanan tidak boleh. Silahkan anda tidur dengan posisi miring ke kanan jika capek miring ke kiri sebagai variasi tidur. Tidur miring ke kanan tidak membahayanya ibu dan janin. Jika anda nyaman miring ke kanan maka miringlah kekanan.

2. Tidur dengan Meninggikan Posisi Kaki

Jika anda saat ini sedang hamil 5 bulan, maka anda bisa mencoba tidur dengan posisi kaki ditinggikan, anda bisa menggunakan bantal untuk mengganjal kaki. Posisi tidur seperti ini juga sangat dianjurkan karena dapat membantu memperlancar aliran darah balik menuju jantung sehingga mencegah terjadinya pembengkakan pada kaki. Meninggikan posisi kaki, juga dapat memperlancar aliran darah menuju otak sehingga kepala Ibu tidak mudah merasa pusing atau nyeri.

3. Tidur dengan Bersandaran

Posisi bersandar, bisa dilakukan jika Ibu hamil ingin bersantai di tempat tidur. Posisi ini nyaman dilakukan ketika Ibu hamil sekedar untuk beristirahat dari aktifitas rutinnya. Tetapi, posisi ini juga bisa dipilih sebagai cara tidur Ibu hamil 5 bulan, jika posisi miring ternyata tidak nyaman dilakukan. Maka Ibu bisa bersandar dengan menaruh beberapa bantal yang menyangga belakang kepala, punggung, leher dan samping pinggang juga bisa dilakukan agar Ibu merasa nyaman dan pernafasan juga tidak terganggu.

Kesimpulan :

Dari 3 posisi tidur yang dianjurkan, saya lebih sering dan nyaman tidur dengan posisi miring ketika hamil 5 bulan keatas. Perlu dicatat juga, pastikan ibu hamil memiliki porsi tidur atau istirahat yang cukup, tidak boleh terlalu lelah karena dapat berbahaya bagi kandungan.

Baca Juga : Posisi tidur yang Aman untuk Ibu Hamil


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*