Puasa Saat Hamil 4 Bulan, Ikuti Tips Berikut!!

tips puasa saat hamil
tips puasa saat hamil

Buat kalian yang saat ini sedang hamil 4 bulan, ga perlu bingung untuk menjalankan ibadah puasa ramadhan. Karena sesungguhnya, Allah SWT akan memberikan kemudahan bagi hambanya yang akan melaksanakan Ibadah wajib.

Ibu hamil memang dituntut untuk selalu mengkonsumsi makanan dan minuman bernutrisi yang cukup agar perkembangan janin lebih optimal dan baik. Tapi, itu bukan menjadi penghalang bagi ibu hamil untuk tetap berpuasa.

Sering kali menjadi problem bagi ibu hamil dalam menjalani ibadah dibulan suci Ramadhan, yaitu berpuasa. Berpuasa saat hamil 4 bulan tetap bisa dilakukan, asalkan ibu hamil mengikuti tips aman dari saya, karena saya sendiri tetap berpuasa saat Ramadhan.

Puasa Saat Hamil 4 Bulan, Ikuti Tips Berikut!!

Orang yang berpuasa hanya boleh makan dan minum di waktu sahur dan berbuka, manfaatkan waktu tersebut untuk memenuhi kebutuhan nutrisi janin dalam kandungan kita agar tetap sehat walaupun kita dalam keadaan berpuasa.

Bagi ibu hamil yang ingin tetap melaksanakan ibadah puasa ramadhan dengan lancar maka ikuti tips berikut ini :

1. Periksa Kehamilan Sebelum Berpuasa

Sebelum melakasanakan ibadah puasa, alangkah baiknya untuk mengontrol kesehatan kehamilan terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kesehatan ibu sedang stabil, tidak ada gangguan kehamilan, kondisi janin sehat, dan sebagainya. (ini sangat penting sekali).

Jika memang kondisi ibu dan janin memungkinkan untuk berpuasa, maka silahkan untuk melaksanakan ibadah puasa dan kita harus yakin bahwa Allah akan mencukupi kebutuhan si dedek dalam kandungan.

2. Selalu Mengkonsumsi Suplemen dan Susu saat Buka/Sahur

Aku selalu merutinkan mengkonsumsi suplemen makanan untuk ibu hamil yaitu promavit disaat sahur dan berbuka, tak hanya itu aku juga minum susu disaat sahur. Dengan demikian, kebutuhan nutrisi bayi tidak perlu dikhawatirkan lagi.

Baca Juga: Suplemen Ibu Hamil Promavit

3. Sahur dengan Makanan yang Sehat

Ibu hamil ga boleh sembarangan makan, perlu bijak dalam memilih dan membuat makanan untuk sahur, selain minum susu dan suplemen makanan, juga penting bagi ibu dalam memilih menu makan sahur.

Pastikan makanan yang dimakan saat sahur memiliki kandungan gizi lengkap seperti protein, vitamin, asam folat, kalsium, serat, mineral dan lainya. Sehingga tubuh ibu tetap fit dan sehat, terlebih lagi kebutuhan nutrisi janin tercukupi.

4. Selalu Minum Agar Tidak Dehidrasi Saat Puasa

Kita memiliki waktu yang panjang untuk makan dan minum yaitu dari waktu buka hingga waktu sahur. Sesering mungkin kita minum air putih diantara waktu buka dan sahur agar tidak mengalami dehidrasi selama menjalankan ibadah puasa.

Paling tidak ibu harus minum air minimal 8-10 gelas atau setara 2 liter per hari, agar kebutuhan cairan tercukupi dengan baik. Terlebih lagi ketika ibu sering buang air kecil, maka bila perlu lebih dari standar ini.

5. Jangan Lupakan Buah-Buahan untuk di Makan

Siapkan buah-buahan seperti apel, pear, jeruk, buah naga, dll pokoknya mana yang kalian suka. Makan 1 buah disaat waktu berbuka, untuk membantu melengkapi kebutuhan nutrisi dalam tubuh..

6. Lebih banyak Istirahat sambil Baca Al-Quran

Ibu hamil sering kali cepat lelah, sehingga ketika menjalankan ibadah puasa jangan terlalu sering melakukan aktifitas fisik. Maka dari itu, perbanyak istirahat sambil membaca Al-Quran, akan membantu mengurangi lelah.

7. Jalan-Jalan Sore Bareng Suami

Menjelang waktu berbuka agar tidak terlalu jenuh dan suntuk dirumah, setelah memasak untuk persiapan buka. Sempatkan waktu untuk jalan-jalan sore bareng suami, ini akan membuat kita lebih ceria dan senang.

Demikian tips yang saya lakukan saat hamil agar tetap bisa menjalankan ibadah puasa, tapi dalam kondisi tertentu ketika memang benar-benar tidak kuat, kalian jangan memaksakan untuk berpuasa, jika khawatir dengan bayi yang sedang dikandung maka boleh tidak berpuasa dan mengganti di hari selain bulan ramadhan.


Be the first to comment

Leave a Reply