Suntik TT Sebelum Menikah sangat dianjurkan

Suntik TT sebelum menikah

Ketika akan menikah seorang wanita (calon pengantin) dianjurkan untuk melakukan suntik TT, suntik TT dapat dilakukan di puskesmas atau bidan terdekat. Biaya untuk suntik TT sendiri sekitar Rp40.000.

Saat itu saya suntik TT pra nikah di puskesmas saat akan menikah (H-14).

Suktik TT adalah sebuah solusi untuk mencegah terjadinya infeksi penyakit tetanus pada bayi dan ibu, sehingga seorang wanita sangat dianjurkan untuk melakukan suntik TT pada saat akan menikah dan pada saat hamil.

Terkadang sebagian orang yang tidak segera hamil setelah menikah merupakan penyebab dari Suntik TT. Anggapan tersebut salah apa adanya, karena memang suntik TT tidak ada pengaruh sama sekali dengan kesuburan seorang wanita.

Jika mungkin ada sedang mengalami problem yaitu sulit hamil, maka itu bisa disebabkan faktor yang lainya. Silahkan anda dan suami anda melakukan pemeriksaan khusus ke dokter spesialis kandungan untuk mengetahui penyebab sebenarnya.

Suntik TT ini merupakan program dari pemerintah untuk menghindari ibu hamil dan bayi terkena penyakit tetanus karena persalinan yang tidak higenis. Namun selain itu juga, ketika akan melahirkan sangat diwajibkan pergi ke tenaga medis untuk mendapatkan penanganan secara steril baik ruangan maupun alat-alatnya.

Penyakit tetanus sendiri adalah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Clostridium tetani, bakteri ini memiliki racun yang sangat berbahaya karena dapat merusak sistem syaraf seseorang, bahkan dapat menyebabkan lumpuhnya oto-otot pernapasan, bakteri ini sangat mudah menyerang melalui luka.

Tentu kita tidak maukan menderita penyakit Tetanus pada diri kita dan bayi kita pada saat melahirkan nanti, atau pada saat berhubungan badan dimalam pertama. Maka dari itu penting bagi kita untuk melakukan suntik TT pada saat akan menikah dan pada saat hamil.

Bagi yang sudah suntik TT sebelum menikah maka ketika hamil di tahun pertama pasca menikah maka tidak suntik TT lagi tidak apa-apa. Namun secara jadwal suntik TT dari kemenkes RI sebagai berikut :

  1. TT 1 – tidak harus sebulan atau 2 minggu sebelum menikah
  2. TT 2 – sebulan setelah TT 1 (efektif melindungi hingga 3 tahun ke depan).
  3. TT 3 – 6 bulan sesudah TT 2 (efektif melindungi sampai 5 tahun berikutnya).
  4. TT 4 – 12 bulan pasca TT 3 (lama perlindungannya 10 tahun).
  5. TT 5 – 12 bulan setelah TT 4 (mampu melindungi hingga 25 tahun).

1 Comment

  1. saya malah baru tau kalau wanita yg akan menikah direkomendasikan suntik TT, ternyata ini demi kabaikan si ibu dan janin ya mbak

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*