Tabel Kenaikan Berat Badan Janin dan Ibu Hamil

Wah saya ucapkan selamat buat bunda yang saat ini sedang dalam perjuangan mengandung calon debay (adek bayi), semoga selalu sehat dan tumbuh kembang dengan baik. 

Hal yang paling menyenangkan adalah ketika mengetahui positif hamil ketika di cek menggunakan test pack, hal ini berlaku untuk bunda yang mengandung anak pertama.. hehehe biasanya kalau mengandung anak yang ke-5 keatas, ketika mengetahui hamil justru pusing 😀

Mau tidak mau tetap harus kita jalani, karena memang ini merupakan rizki yang Allah titipkan kepada kita untuk kita jaga mulai dari 0 bulan kehamilan hingga tumbuh dewasa kelak.

Saya selalu mengontrol perkembangan dan kesehatan kandungan saya ke dokter spesialis kandungan, saat itu saya pergi ke Klinik Ika Farma yang ditangani oleh dr. Angelina. Dengan selalu rutin periksa ke dokter atau bidan kita akan mengetahui perkembangan janin terutama berat badannya.

Tapi terkadang membuat saya khawatir karena selalu saja dokter mengatakan bahwa berat badan janin (bb) belum sesuai dengan usia kandungannya. Maksudnya ketika usia kandungan 5 bulan (20 minggu) maka bb janin harus sudah sekian.

Saya pun dianjurkan untuk makan sedikit-sedikit tapi sering dan juga makan es krim. Tips tersebutpun saya lakukan, namun tetap saja ketika periksa bb janin belum sesuai dengan umur kandungan. Tapi, setelah usia kandungan masuk 7 bulan perkembangan janin cukup cepat hingga kemudian bayi saya lahir dengan berat 3.00 Kg.

Baiklah, demikian ini adalah tabel kenaikan berat badan janin, panjang janin dan berat badan ibu sesuai dengan usia kandungan. Dengan begitu anda harus bisa mengontrol bb anda sendiri, apakah sudah sesuai dengan tabel atau belum :

Namun sebelumnya, khusus untuk mengetahui berapa idealnya kenaikan BB bumil, harus berpatokan pada BB sebelum hamil untuk menentukan apakah bunda termasuk kategori kurus, normal, gemuk, atau obesitas. Untuk tabel rata2 pertambahan BB bumil per minggu diatas adalah idealnya kenaikan BB bunda setiap week usia kehamilan.

Semoga anda faham !!

Hitung IMT (Indeks Massa Tubuh) sebelum hamil, rumusnya: BB (kg) dibagi TB (m) kuadrat. kalau sudah dapat hasilnya, cocokkan dengan ketentuan berikut ini :

IMT <18,5 –> kategori kurus, pertambahan BB yg disarankan: 12,5 – 18 kg
IMT 18,5 – 24,9 –> normal, BB boleh nambah 11,5 – 16 kg
IMT 25 – 29,9 –> gemuk, hati2, hanya boleh 7 – 11,5 kg naiknya
IMT = atau >30 –> obese, ini sih cuma 5 – 9 kg batas naik BBnya ya!

misal, IMT= 45kg : (1,55mx1,55) = 18,7, jadi pertambahan BB selama hamil minimal 11 kg, max 16 kg.
Info hitungan ini saya dapat dari komunitas ibuhamil.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*