Tanda Tanda Wanita Hamil 1 Minggu Pertama

Periksa Ke Dokter Kandungan
Periksa Ke Dokter Kandungan

Hamil merupakan sebuah proses yang harus dilalui seorang wanita untuk memperoleh keturunan (anak). Bagi pengantin baru mendengar kabar bahwa istri hamil menjadi kabar yang paling membahagiakan karena sebentar lagi akan menjadi (ayah dan ibu). 

Sehingga kehamilan sangat ditunggu-tunggu kehadirannya oleh pasangan suami istri, terutama bagi yang belum memiliki anak. Ketika hamil maka ada beberapa tanda yang bisa dirasakan oleh seorang wanita, baik secara fisi kmaupun emosional.

Hanya saja masih banyak wanita yang belum menyadari perubahan pada dirinya adalah faktor kehamilan. Terkadang juga perubahan terjadi bukan karena hamil melainkan karena gangguan kesehatan, maka dari itu tak cukup hanya dengan 1 indikasi saja.

Tanda-Tanda Wanita Hamil 1 Minggu Pertama

Ketika anda bertanya apakah saya hamil? maka anda perlu memperhatikan beberapa hal yang mungkin anda alami. Semakin banyak tanda-tanda yang akan saya sebutkan dibawah ini, maka semakin besar kemungkinan anda benar-benar telah hamil.

1. Terlambat Datang Bulan (telat haid).

Biasanya seorang wanita yang dinyatakan hamil akan mengalami perubahan pada siklus haidnya, sehingga orang menyebutnya dengan “telat datang bulan”. Ketika ini terjadi pada anda maka bisa dimungkinkan anda hamil, untuk membuktikannya maka anda bisa cek menggunakan testpack atau test didokter.

Pada saat saya telah haid 1 minggu, saya coba test menggunakan testpack onemed yang saya beli di apotik. Namun, hasilnya masih belum jelas. Kemudian saya coba lagi 2 hari kemudian menggunakan testpack yang lain yaitu testpack sensitif dan hasilnya positif 🙂

2. Cepat Merasa Lelah

Salah satu hal yang saya rasakan di 1 minggu pertama kehamilan yaitu cepat lelah. Biasanya saya bisa menyelesaikan pekerjaan rumah seperti masak, mencuci baju (pakai mesin), membereskan rumah dengan cepat tapi pada saat itu rasa nya berbeda, saya sering kecapeaan.

Mungkin kecapean yang saya rasakan tersebut merupakan salah satu tanda kehamilan. Ketika merasa lelah, saya beristirahat sejenak agar pulih kembali dan melanjutkan pekerjaan rumah. Dan kebetulan juga saya telat haid, pada saat di cek menggunakan testpek ternyata Hamil.

3. Rasa Mual-Mual Datang

Setelah saya mengetahui hamil, beberapa minggu kemudian saya sering merasakan mual bahkan sampai muntah (tapi tidak sering). Ketika mual seperti ini, nafsu makan menjadi berkurang. Khawatir kekurangan gizi pada janin yang saya kandung, saya kemudian mengkonsumsi susu khusus ibu hamil secara teratur.

4. Terjadi perubahan pada Payudara

Ternyata seorang wanita yang akan hamil terjadi perubahan pada fisik nya (terutama pada bagian payudara), selain bentuk lebih membesar juga lebih sensitif ketika disentuh. Sensitifnya adalah terasa nyeri, mungkin faktor perubahan yang terjadi.

5. Mengalami Sembelit

Sebernarnya ini bukan menjadi tanda yang paling dirasakan setelah 1 minggu kehamilan, melainkan sembelit sering saya alami ketika usia kehamilan 6 minggu sampai seterusnya. Maka dari itu saya sering minum yakult untuk membantu melancarkan sistem pencernaan.

Memang tanda-tanda diatas cukup sulit untuk menentukan apakah termasuk dari tanda-tanda hamil 1 minggu, namun anda tidak perlu khawatir. Ketika anda mengalami salah-satu tanda yang saya sebutkan diatas maka segeralah periksa ke dokter / bidan terdekat untuk memastikan kabar bahagia tersebut.


Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*