Tanda Persalinan sudah Dekat

Tanda Akan Melahirkan

Kita dapat mengetahui HPL (hari perkiraan lahir) melalui USG, namun ini hanya sebuah perkiraan yang terkadang mundur atau maju. Mengetahui HPL sangat penting agar kita dapat mempersiapkan diri mulai dari tenaga, biaya, hingga tempat untuk melahirkan. 

Sebelumnya HPL saya jatuh pada tanggal 26 Juni 2017, yang bertepatan pada hari raya idul fitri. Hingga kemudian saya pulang ke rumah mertua, karena jarak yang lebih dekat dibandingkan dengan orangtua saya.

Ternyata, HPL saya mundur sekitar 5 hari, sehingga saya melahirkan pada tanggal 1 Juli 2017. Ada beberapa tanda yang saya rasakan ketika akan melahirkan, apa saja :

1. Gerak bayi sudah berkurang

Ketika bayi sudah masuk ke Panggul, bayi siap mencari jalan untuk keluar sehingga gerakan bayi mulai berkurang. Namun, pada saat mendekati HPL sangat penting bagi kita untuk mengkontrol posisi bayi.

2. Terjadi Rembes 

Pada saat akan melahirkan terkadang ada juga ibu mengalami rembes air, seperti yang saya alami (jam 20.00 wib). Ketika terjadi rembes air ketuban segera periksa ke Bidan untuk mendapatkan penanganan. Pada saat itu, bidan menyuruh saya pulang dan di Infus agar ketuban tidak habis.

3. Sudah mulai Bukaan

Pada pukul 20.00 Wib ketika terjadi rembes air ketuban, itu sudah bukaan 1 sehingga saya disuruh pulang, dan diperkirakan hingga bukaan 10 pada jam 06.00 Wib.

4. Rasa Sakit yang luar biasa

Sebelum melahirkan (ketika sudah mulai bukaan), yang saya rasakan adalah sakit pada bagian punggung dan perut. Mulai dari bukaan 1 sakit sekitar 30 menit sekali, semakin besar bukaan rasa sakit semakin cepat terasa, sampai saya tidak bisa tidur semalaman saat akan melahirkan esok paginya.

5. Kontraksi

Rasa sakit yang ditimbulkan pada saat akan melahirkan itu adalah bentuk dari kontraksi, dimana terjadi proses kontraksi pada otot rahim yang mempengaruhi produksi hormon oksitoin yang semakin meningkat.

Tips untuk Ibu yang Hendak Melahirkan :

Saat akan melahirkan ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, sehingga nantinya proses persalinan berjalan dengan baik.

  1. Suami ada disamping kita untuk berdoa dan memotivasi
  2. Berdoa memohon kemudahan.
  3. Perlengkapan Bayi (untuk mandi).
  4. Makanan (disarankan Buah Kurma).
  5. Minuman Air Mineral.
  6. Siapkan Kain.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*