Tanya Jawab Seputar Kehamilan dengan Puput Mutiara

Tanya Jawab Kehamilan
Kehamilan merupakan sebuah proses yang sangat diidam-idamkan bagi calon Ibu, karena ini merupakan step yang harus dilalui seorang wanita untuk menjadi seorang ibu sesungguhnya. Waktu yang harus ditempuh selama kehamilan kurang lebih 9 bulan lamanya.

Selama masa kehamilan banyak perubahan yang dialami ibu hamil, karena meningkatnya hormon progesteron dalam sistem reproduksi wanita dan hormon lainnya. Perjuangan ibu hamil sangat melelahkan bahkan ada ibu hamil yang sampai mengalami bedrest (istirahat total).

Hal yang paling penting dilakukan selama hamil adalah menjaga kesehatan, tidak boleh terlalu capek dalam melakukan kegiatan sehari-hari karena dapat beresiko terhadap kesehatan ibu dan bayi, hindari asap rokok, kendaraan, obat nyamuk dll.

Ibu hamil dituntut untuk menjaga kesehatan terutama dalam makanan, tidak boleh sembarangan memasukan makanan. Pastikan makanan yang di makan mengandung nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan untuk membantu perkembangan janin seperti mineral, zat besi, protein, kalsium, kalium, inulin, asam folat dan lainnya.

Selain itu juga, ibu hamil harus rajin kontrol kehamilannya untuk mengetahui perkembangan janin dari minggu-ke-minggu. Anda bisa pergi ke posyandu, bidan atau dokter spesialis kandungan jika diperlukan (seperti untuk USG).

Jangan sungkan untuk selalu bertanya kepada orang-orang yang lebih berpengalaman seperti dokter kandungan, orangtua, kakak, atau sahabat sendiri. Maka dari itu, melalui blog pribadi saya ini saya bermaksud ingin berbagi pengalaman, dan apabila bunda memiliki pertanyaan silahkan komentar dibawa postingan “tanya jawab seputar kehamilan“.

7 Comments

  1. Saat ini saya mengalami hal yg sama dengan mbak .. anak baru 8 bulan tp sdh telat mens 6 hari πŸ˜‚ saya juga KB kalendar .. dan masih menyusui harusnya tggl 11 saya mens . Saya tespek juga negatif .. hr ini mau tespek lg semoga hasilnya jg negatif .. krn blm siap .. huhu .. tp mbak sy kluar dlm tggl 5 seminggu sblm mens .. ini trmasuk bukan masa subur saya kan ya ?

    • @Sella R: Untuk masalah kesuburan bisa konsultasikan ke dokter kandungan mbak agar lebih jelas.. Setiap orang punya masa kalendar yang berbeda.. Tapi kalau berdasarkan info yang mbak sampaikan seminggu sebelum mens itu termasuk masa subur.

  2. Bund..sayaa udah lepas kb bulan 3 thn ini.. Sampe sekarang belom haid.. Kalo minum prenagen esensis bisa nyuburin juga nggak ya..

  3. Mba aku lagi promil tapi tiap hari suami dan aku begadang terus . apa itu ngaruh??terus ada yg kasih saran minum folavit yg 400 mg . aku udah mulai minum . apakah prenagen esensis juga bisa dikonsumsi sekaligus dengan folavit . dan juga mw tanya . setelah hb . baik nya kan tdk boleh labgsung kencing . minimal berapa menit saya harus menunggu

    • @Yulia: Hai bunda,, menjaga kesehatan keduanya (suami istri) memang perlu… Suami juga sebaiknya utk tidur berkualitas agar bisa menghasilkan sp*rma yang berkualitas juga.. Minum susu khusus ibu hamil juga bisa membantu.. Setelah HB sebaiknya, tiduran sambil bemeseraan dengan suami.. Ganjal bok*ng dengan bantal… πŸ™‚ thanks

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*